Takut Rekening Tidak Aman Gara-gara Nomor HP Telkomsel Hangus? Tenang, Begini Cara Aktifkan Kembali

Takut Rekening Tidak Aman Gara-gara Nomor HP Telkomsel Hangus? Tenang, Begini Cara Aktifkan Kembali

Takut Rekening Tidak Aman Gara-gara Nomor HP Telkomsel Hangus? Tenang, Begini Cara Aktifkan Kembali--

RADARUTARA.ID- Telkomsel memberi opsi untuk melakukan aktivasi ulang kepada nomor handphone (HP) yang hangus. Ini, bisa dimanfaatkan pengguna yang tidak ingin nomornya didaur ulang dan dipakai pelaku kejahatan.

Kebetulan beberapa waktu, lalu sempat ramai diperbincangkan soal daur ulang SIM Card atau kartu SIM yang berujung pembobolan akun.

"Tanggal 15 maret hacker tersebut membeli nomor [aku] yang sudah enggak aktif. Dan akhirnya dipakai untuk pertama membobol kartu kredit aku. Ada penarikan uang dari PayPal sejumlah US$1.200," ungkap seorang korban pembobolan akun dalam sebuah video yang diunggah ulang oleh @shakazam1524 di X, Rabu 20 Maret 2024.

BACA JUGA:Selain El Nino, Apa Itu La Nina? Ini Penjelasan dan Perbedaannya

Dirinya mengaku lalu dan tidak memp rhstikan masa aktif nomornya, itu. Sehingga memasuki masa tenggang dan akhirnya diblokir. 

Dirinya, pun tidak menyebut operator seluler apa yang digunakan, tetapi dirinya menjelaskan pengguna baru nomornya berupaya untuk membobol berbagai akun miliknya, salah satunya akun e-commerce bisnis. 

Perlu diketahui, bahwa setiap SIM Card yang dikeluarkan operator seluler memiliki masa aktif setelah digunakan oleh pelanggan. Perpanjangan masa aktif akan diberikan operator seluler bervariasi untuk setiap pembelian pulsa atau paket kuota oleh pelanggan. 

Apabila nomor tidak melakukan pembelian pulsa atau kuota selama beberapa waktu, otomatis masa aktif akan habis. Nomor akan memasuki masa tenggang jika masa aktifnya habis dan akan hangus jika masa tenggangnya berakhir. 

BACA JUGA:5 Tips Ampuh Agar Penderita Maag Bisa Tetap Aman Jalani Puasa Ramadhan

Sementara nomor yang hangus bisa di daur ulang oleh setiap operator seluler. Ini, tercantum dalam lampiran peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 14 Tahun 2018 tentang Rencana Dasar Teknis Telekomunikasi Nasional. 

Dan untuk menghindari daur ulang nomor, Telkomsel memberikan layanan reaktivasi nomor.

"Solusi bagi pelanggan untuk dapat mengaktifkan kembali nomor Telkomsel Prabayar-nya yang hangus/expired menjadi salah satu wujud nyata kami kebutuhan pelanggan yang kian dinamis," turut Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit pada 2022, dikutip dari situs Telkomsel.

"Menghadirkan kemudahan akses self-service UMB *888*89# untuk layanan reaktivasi nomor Telkomsel Prabayar juga merupakan upaya kami untuk selalu memahami dan mendekatkan diri dengan kondisi pelanggan di tiap fase kehidupan, terutama di masa pandemi yang masih berlan

BACA JUGA:Kurikulum Merdeka Resmi Diberlakukan untuk Seluruh Sekolah di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: