Tidak Lulus SNBP 2024? Tenang Saja, 7 Jalur Seleksi Ini Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Tidak Lulus SNBP 2024? Tenang Saja, 7 Jalur Seleksi Ini Bisa Jadi Pilihan Alternatif

Tidak Lulus SNBP 2024? Tenang Saja, 7 Jalur Seleksi Ini Bisa Jadi Pilihan Alternatif--

RADARUTARA.ID- Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) 2024 bukan satu-satunya jalur masuk keperguruan tinggi pada tahun ini. Sehingga siswa yang belum beruntung lulus SNBP tidak perlu khawatir.

Karena masih ada berbagai jalur seleksi Perguruan tinggi negeri maupun swasta yang bisa kalian coba. Perlu diketahui, bahwa jalur ini hanya diperuntukan bagi siswa yang tidak lulus SNBP 2024. 

Apabila Anda, berhasil lulus SNBP, maka siswa diharuskan melakukan pendaftaran ulang. Karena mereka tidak memiliki hak mengikuti UTBK-SNBT dan seleksi mandiri di perguruan tinggi negeri (PTN) manapun. 

Dilansir dari situs resmi masing-masing, berikut ini adalah daftar jalur masuk perguruan tinggi yang bisa Anda coba selain SNBP 2024. 

BACA JUGA:Warga Selolong Minta Arie Lanjutkan Perjuangan Imron sebagai Bupati Bengkulu Utara

7 Jalur Seleksi Masuk Perguruan Tinggi

1. UTBK-SNBT 2024

Pendaftaran UTBK-SNBT 2024 memang telah dibuka untuk kelas 12 yang tidak mengikuti SNBP, siswa gap year tahun 2022 dan 2023, serta lulusan paket C, tetapi belum untuk peserta SNBP 2024.

Peserta SNBP 2024 baru bisa mendaftar UTBK-SNBT pada Selasa, 26 Maret pukul 15.00 WIB setelah mendapat hasil seleksi. Pendaftaran dilakukan secara daring melalui Portal SNPMB di tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SNPMB yang telah diregistrasi sebelumnya.

Tahun ini, SNBT 2024 memungkinkan siswa memilih maksimal 4 program studi di 4 PTN dengan ketentuan berlaku. Siswa masih bisa melakukan pendaftaran hingga 5 April 2024 mendatang, jangan sampai terlewat ya!

2. Seleksi Mandiri PTN dan PTS

Masih masuk ke dalam rangkaian seleksi nasional, jalur mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi. Dengan demikian jenis dan waktu seleksinya ditentukan secara penuh oleh PTN ataupun PTS.

Salah satu perbedaan jalur seleksi ini dengan SNBP ataupun SNBT adalah biaya kuliah. Sejumlah perguruan tinggi memberlakukan uang pangkal, sumbangan pengembangan institusi (SPI), atau iuran pengembangan institusi (IPI) di samping uang kuliah tunggal (UKT) bagi mahasiswa baru di awal perkuliahan.

Untuk itu, pastikan informasi lengkapnya di kampus tujuanmu masih-masing dengan saksama ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: