15 Jurusan SMK Ini Diklaim Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan dan Mendapat Gaji Tinggi

15 Jurusan SMK Ini Diklaim Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan dan Mendapat Gaji Tinggi

15 Jurusan SMK Ini Diklaim Cepat untuk Mendapatkan Pekerjaan dan Mendapat Gaji Tinggi--

RADARUTARA.ID- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu bentuk pendidikan formal setara dengan SMA, yang lulusannya dipersiapkan untuk segera terserap pasar tenaga kerja. Dalam kegiatan KBM-nya, siswa SMK dilatih sesuai jurusannya, supaya memiliki kompetensi tertentu dan siap bersaing di dunia kerja.

Meskipun hanya setingkat SMA, namun SMK membuka peluang bagi mereka yang ingin segera mapan dan bekerja. Oleh sebab, itu berikut ini 15 jurusan SMK yang diklaim cepat dapat kerja dan bergaji tinggi.

Jurusan SMK yang Mudah Mendapatkan Pekerjaan

1. Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran mempelajari manajemen kantor, korespondensi bisnis, teknologi informasi perkantoran, arsip dan dokumentasi, komunikasi bisnis, administrasi keuangan, dan hukum bisnis.

Lulusan dapat bekerja sebagai sekretaris, administrasi kantor, asisten administrasi, manajer kantor, petugas layanan pelanggan, atau pengelola dokumen. Gaji bervariasi tergantung pengalaman dan lokasi, dengan kisaran Rp 2.500.000 hingga Rp 12.000.000 per bulan.

2. Desain Grafis/Multimedia

Jurusan yang membuka peluang kerja tinggi selanjutnya adalah desain grafis/multimedia. Jurusan Desain Grafis/Multimedia mempelajari seni visual, tipografi, desain web, animasi, fotografi, ilustrasi, dan perangkat lunak desain seperti Adobe Photoshop, Illustrator, dan After Effects.

Lulusan desain grafis berpeluang untuk menjadi seorang desainer grafis, animator, desainer web, ilustrator, fotografer, atau editor video. Besaran gaji lulusan desainer grafis berbeda-beda tergantung tempat kerja dan pengalamannya, namun berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 15.000.000 per bulan.

3. Bisnis dan Pemasaran

Jurusan Bisnis dan Pemasaran mempelajari ilmu dan praktik pengembangan bisnis serta pemasaran. Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang profesional di bidang pemasaran.

Materi yang dipelajari meliputi ekonomi bisnis, bisnis online, marketing, administrasi umum, administrasi transaksi, serta simulasi dan komunikasi digital.

Adapun prospek kerja bagi lulusan bisnis dan pemasaran meliputi manajer pemasaran, manajer penjualan, spesialis pemasaran digital, pemasaran produk, spesialis riset pasar, konsultan bisnis, manajer toko atau ritel, dan banyak lagi. Tak hanya bekerja untuk perusahaan, karena dibekali ilmu bisnis dan pemasaran, lulusan jurusan ini juga bisa berwirausaha mandiri.

Rata-rata gaji lulusan SMK jurusan Bisnis dan Pemasaran di Indonesia adalah sekitar Rp 3.500.000 hingga Rp 8.000.000 per bulan. Gaji tersebut tentunya bisa meningkat jika memiliki pengalaman atau keahlian khusus, apalagi jika bekerja pada perusahaan besar di perkotaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: