Ucapan dan Kumpulan Doa Saat Melihat Saudara yang Tertimpa Musibah, Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ucapan dan Kumpulan Doa Saat Melihat Saudara yang Tertimpa Musibah, Sesuai Ajaran Rasulullah SAW

Ucapan dan Kumpulan Doa Saat Melihat Saudara yang Tertimpa Musibah, Sesuai Ajaran Rasulullah SAW--

RADARUTARA.ID - Kedatangan Musibah memang tidak bisa diprediksi. Selain itu, Musibah juga bisa terjadi pada siapa saja. Umumnya, orang akan mengucapkan "Innalillahi wa inna ilaihi raaji'uun" ketika mendengar kemalangan.

Tetapi, ternyata ada doa serta ucapan saat mendengar musibah lain yang lebih lengkap dan sesuai anjuran Rasulullah SAW. Lantas, bagaimana bunyi ucapan serta doanya? Simak ulasan selengkapnya berikut ini.

1. Doa dan ucapan saat mendengar musibah

Rasulullah SAW juga audab mengajarkan doa ketika melihat saudara muslim hanh tertimpa musibah. Berikut ini doa dan ucapan mendengar musibah yang dapat kamu panjatkan.

Yang Artinya: "Dari Abu Hurairah RA berkata, Rasulullah SAW pun bersabda, "Bagi siapa melihat orang yang tertimpa musibah lalu mengucapkan, Alhamdulillaahilladzi 'aafaanii mimmabtalaaka bihi wafadhdholanii ala katsiirim mimman kholaqo tafdhiila - segala puji bagi Allah yang sudah menyelamatkanku dari musibah yang diberikan kepadamu, dan melebihkanku atas kebanyakan orang yang Dia ciptakan), niscaya ia (orang yang membaca ini) tidak akan ikut tertimpa musibah tersebut." (HR At-Tirmidzi).

BACA JUGA:Masjid Al-Jihad Bengkulu Utara, Masjid Suku Rejang yang Paling Beruntung di Provinsi Bengkulu

2. Doa memohon kesembuhan bagi orang yang sakit

Ini dia doa dan ucapan mendengar musibah yang dapat kita panjatkan untuk meminta kesembuhan bagi saudara yang sakit:

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman. 

Artinya: "Tuhanku, Tuhan manusia, hilangkanlah penyakit. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada yang dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan yang tidak menyisakan  rasa nyeri." 

BACA JUGA:Menu Berbuka ala Chinese Food, Ini Resep Nasi Ayam Hainan Paket Komplit, Simple & Enak

3. Doa memohon kesembuhan dan pengampunan dosa

Dianjurkan untuk membaca doa ini ketika ada seseorang yang sedang sakit. Bukan hamya mendoakan kesembuhan, bacalanlah doa di bawah ini untuk meminta ampunan dosa bagi saudara yang sedang sakit. Berikut ini doa dan ucapan mendengar musibah yang dapat kamu lantunkan.

Syafākallāhu saqamaka, wa ghafara dzanbaka, wa ‘āfāka fī dīnika wa jismika ilā muddati ajalika. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: