6 Manfaat Kopi Pahit Bagi Tubuh, Nomor 5 Paling Disukai Kaum Hawa

6 Manfaat Kopi Pahit Bagi Tubuh, Nomor 5 Paling Disukai Kaum Hawa

6 Manfaat Kopi Pahit Bagi Tumbuh--

RADARUTARA.ID- Kopi murni tidak banyak disukai oleh banyak orang karena rasanya sangat pahit. Namun ternyata, kopi pahit dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Lantas, apa saja si manfaat minum kopi pahit? 

Ternyata, minum kopi pahit secara rutin bisa membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko diabetes, dan meningkatkan konsentrasi. 

Hanya saja, bagi Anda yang sensitif terhadap kafein atau tidak terbiasa minum kopi pahit.  Ternyata minum kopi pahit bisa memberikan efek samping, seperti sakit perut, pusing, dan mual. 

BACA JUGA:GBD Ngeluh, SK Perpanjangan 2024 sampai Honor 2 Bulan Belum Cair

Nah untuk lebih jelasnya, apa saja manfaat minum kopi pahit bagi tubuh? berikut ini selengkapnya : 

1. Menurunkan risiko kanker

Beberapa penelitian berhasil membuktikan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker, seperti kanker hati, kanker endometrium, dan kanker usus. 

2. Menurunkan risiko penyakit neurodegeneratif

Kopi memiliki kandungan kafein yang di dalamnya terdapat  nootropika yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan otak dan kognitif. 

Karena hal itu, maka kopi disebut bisa melindungi dari risiko penyakit Alzheimer dan penurunan kemampuan kognitif lainnya yang disebabkan oleh faktor usia.

3. Mencegah risiko sirosis hati

Selain dapat menurunkan risiko penyakit kanker hati. Ternyata kopi juga dapat melindungi hati dari sirosis atau di sebut juga sebagai gangguan penyakit lever kronis yang disebabkan oleh fibrosis.

Oleh karena itu, minum empat cangkir kopi per hari, atau sekitar 960 mililiter, sudah dapat menurunkan risiko sirosis hati dibandingkan dengan orang-orang yang tidak minum kopi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: