Rugi Jika Tidak Dijalankan, Berikut Ini 5 Keutamaan Tadarus Al-Quran Saat Bulan Ramadhan

Rugi Jika Tidak Dijalankan, Berikut Ini 5 Keutamaan Tadarus Al-Quran Saat Bulan Ramadhan

Rugi Jika Tidak Dijalankan, Berikut Ini 5 Keutamaan Tadarus Al-Quran Saat Bulan Ramadhan--

RADARUTARA.ID- Di bulan suci Ramadhan, seluruh umat muslim berlomba-lomba mengajarkan amalan sunah dan ingin mendapatkan pahala. Dan salah satu amalan yang bisa dilaksanakan pada bulan puasa Ramadhan adalah dengan memperbanyak membaca Al-Quran atau yang dikenal dengan tadarus Al-Quran. 

Dikutip dari laman resmi Nahdhatul Ulama (NU) secara bahasa, tadarus berasal dari kata darasa yang memiliki arti, saling belajar. Tadarus Al-Quran memiliki arti kegiatan mempelajari, mengkaji, menelaah serta mendalami secara bersama-sama. Tadarus biasanya dilakukan dua orang sampai lebih. 

Keutamaan Tadarus Al-Qur'an di Bulan Ramadan

Pada dasarnya Tadarus Al-Quran adalah kegiatan membaca Al-Quran bersama-sama. Tradisi ini sangat melekat disaat bulan suci Ramadhan. 

BACA JUGA:Hindari Kurma Asal Israel? Tak Usah Khawatir, 5 Merk Kurma dari Palestina Ini Bisa Jadi Pilihan Kamu

Dan mengerjan Tadarus Al-Quran disaat bulan suci Ramadhan ternyata memiliki keutamaan. Nah, berikut ini lima keutamaan Tadarus Al-Quran selama bulan suci Ramadhan.

1. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Umat Islam yang melakukan tadarus Al-Qur'an secara rutin pada bulan Ramadan akan mendapatkan kebaikan dan pahala yang berlipat ganda. Hal tersebut sebagaimana dijelaskan dalam hadis berikut.

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: Dari Abdullah Ibnu Mas'ud, Rasulullah SAW bersabda, "Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur'an), maka dia akan memperoleh satu kebaikan. Sedangkan, satu kebaikan dilipatkan dengan sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lam mim (sebagai) satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mim satu huruf,". (HR. At-Tirmidzi: 2835)

BACA JUGA:Bulan Puasa, Ketersediaan BBM di Bengkulu Dipastikan Aman

2. Menjadi Obat untuk Jiwa dan Pikiran

Al-Qur'an diturunkan sebagai obat dari segala macam penyakit jiwa maupun pikiran. Sehingga apabila melaksanakan tadarus Al-Qur'an saat bulan Ramadan, maka dapat menjadi obat baik bagi penyakit fisik maupun hati.

وَنُنَزِّلُ مِنَ الْقُرْاٰنِ مَا هُوَ شِفَاۤءٌ وَّرَحْمَةٌ لِّلْمُؤْمِنِيْنَۙ وَلَا يَزِيْدُ الظّٰلِمِيْنَ اِلَّا خَسَارًا ۝٨٢

Artinya: Kami turunkan dari Al-Qur'an sesuatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang mukmin, sedangkan bagi orang-orang zalim (Al-Qur'an itu) hanya akan menambah kerugian.

3. Mendapatkan Pertolongan di Hari Kiamat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: