Penasaran, Kenapa Bus Tidak Pernah Memastikan Mesin saat Mengisi BBM? Ternyata Ini Alasannya

Penasaran, Kenapa Bus Tidak Pernah Memastikan Mesin saat Mengisi BBM? Ternyata Ini Alasannya

Penasaran, Kenapa Bus Tidak Pernah Memastikan Mesin saat Mengisi BBM? Ternyata Ini Alasannya--

Berikut Pentingnya Mematikan Mesin Kendaraan saat Isi Bahan Bakar

Tidak berlaku hanya untuk Bus, seluruh kendaraan wajib mematikan mesin ketika mengisi BBM di SPBU. Itu, dilakukan demi keamanan untuk mencegah timbulnya kebakaran. 

Dikutip dari  laman Auto2000, mengisi BBM merupakan salah satu proses yang krusial. Apabila di dekat kendaraan muncul percikan api, maka hal tersebut bisa menyebabkan kebakaran.

Nah, percikan bisa muncul dari mesin kendaraan yang menyala. Soalnya, ketika mesin dihidupkan maka unsur pembentukan api atau biasa disebut segitiga api sudah lengkap. Segitiga api yang dimaksud adalah bahan bakar, udara, dan sumber api.

Dalam kondisi tersebut, sumber api bisa berasal dari panas mesin, kelistrikan di kendaraan yang tidak sempurna, hingga busi atau pengapian mesin. Kalau sudah menimbulkan kobaran api, bisa repot semuanya.

BACA JUGA:Wisata Sejarah di Bengkulu : Begini Kondisi Bunker Jepang Tapak Paderi yang Sudah Terlupakan

Namun, lain halnya dengan mesin diesel, seperti yang digunakan pada sejumlah mobil, bus, dan truk. Mesin diesel tidak memakai busi untuk pengapian karena menggunakan prinsip Compression Ignition (pengapian kompresi).

Mesin diesel bekerja dengan cara memanaskan udara dalam silinder hingga mencapai suhu yang sangat tinggi. Kemudian, bahan bakar diesel akan mengalir ke dalam silinder untuk proses pengapian. Nah, proses pembakaran ini menghasilkan energi yang digunakan untuk menggerakan piston.

Mudahnya, proses pengapian terjadi secara otomatis saat bahan bakar diesel mengalir ke dalam ruang bakar. Maka dari itu, kendaraan bermesin diesel tidak memakai busi sebagai penghasil api.

Alasan itulah yang membuat bahan bakar diesel tidak mudah langsung terbakar. Alhasil, banyak pengemudi bus yang memilih tidak mematikan mesin saat mengisi bahan bakar di SPBU.

Nah, itulah alasan mengapa kendaraan Bus tidak mematikan mesin saat mengisi BBM di SPBU. Kendati demikian, sebaiknya tetap matikan mesin saat mengisi BBM di SPBU.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: