Wisata Sejarah di Bengkulu : Begini Kondisi Bunker Jepang Tapak Paderi yang Sudah Terlupakan

Wisata Sejarah di Bengkulu : Begini Kondisi Bunker Jepang Tapak Paderi yang Sudah Terlupakan

Wisata Sejarah di Bengkulu : Begini Kondisi Bunker Jepang Tapak Paderi yang Sudah Terlupakan--

RADARUTARA.ID - Masyarakat mengira itu adalah bangunan pos jaga ataupun lapak milik pedagang. Namun setelah dipandang lebih dekat, orang baru menyadari bahwa itu adalah Bunker Jepang.

Bangunan miliki kolonial Jepang itu berada di Kelurahan Kebun Keling Teluk Segara Kota Bengkulu. Sekitar 50 meter jika dari titik nol Provinsi Bengkulu.

Bangunannya masih tampak kokoh, namun sisi kiri dan kanannya tak menampakan nilai perjuangan saat itu. Bunker Jepang Tapak Paderi ini berbentuk persegi dengan luas 4 x 5 meter yang bagian atas berbentuk cembung memiliki ketinggian 5 meter.

Jika melihat lebih dekat ke dalam, kita cuma bisa disuguhkan pemandangan yang biasa saja, ditambah dengan aroma pesing disertai sampah yang berserakan. Perkiraan bunker ini sengaja dijadikan orang sebagai tempat buang air kecil darurat saat mengunjungi area wisata yang ada di sekitarnya.

BACA JUGA:Warga Pulau Enggano Butuh Penambahan Akses Perbankan

Hal ini sangat disayangkan karena memang tidak ada referensi disekitar bunker ini sehingga pengunjung mengira bahwa bunker ini tidak mempunyai nilai sejarah. 

Seharusnya, ada referensi yang dibuat menjelaskan kapan bunker pertahanan perang ini dibangun. Di sekelilingnya cuma ada dua papan nama dan petunjuk kalau bangunan tua itu merupakan cagar budaya dan dilindungi oleh undang-undang.

Tetapi ada satu referensi yang menyebutkan bunker Tapak Paderi dibangun pada tahun 1945, masa wilayah Sumatera diduduki tentara Jepang sampai menyerah dan kalah.

Saat itu, Jepang menjadikan Bengkulu sebagai salah satu daerah yang dianggap paling penting, karena dilatarbelakangi oleh kekayaan sumber daya alam dan wilayah yang strategis dalam peta perang. 

BACA JUGA:Honda Beat 2024, Skuter Matik Terlaris dengan Desain Fitur Canggih, Simak Tabel Angsuran Mulai 300 Ribuan Per

Kedatangan Jepang langsung membangun sarana pertahanan di titik-titik tertentu dimulai dari sungai dan pantai. Sarana pertahanan seperti bunker ini,  tersebar di beberapa tempat di Kota Bengkulu, diantaranya ada di Kelurahan Kampung Kelawi, Kelurahan Suka Merindu, dan di sekitar Benteng York. 

Terdapat di lokasi strategis juga  isa ditemukan di pesisir pantai Apoho Pulau Enggano Kabupaten Bengkulu Utara. Ada juga bunker Jepang di wilayah pesisir pantai Kabupaten Bengkulu Selatan, dan Kabupaten Mukomuko. 

Sekaramg ini, bunker Jepang Tapak Paderi cuma dianggap sebagai bangunan biasa. Selain ada beberapa objek buatan lain untuk tempat berwisata, pesona peninggalan Inggris yaitu Benteng Marlborough jauh lebih menarik dan lebih magis.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: