Jelang Ramadhan, Sejumlah Bapok Terpantau Naik di Bengkulu Utara

Jelang Ramadhan, Sejumlah Bapok Terpantau Naik di Bengkulu Utara

Sidak harga Bapok jelang Ramadhan di Pasar Purwodadi Arga Makmur--

RADARUTARA.ID- Sejumlah bahan pokok (Bapok) di Kabupaten Bengkulu Utara mengalami kenaikan harga menjelang bulan Ramadhan 1445 Hijriah, tahun 2024 ini. Beberapa Bapok yang mengalami lonjakan tersebut, diantaranya beras, cabai dan daging.

Hal ini terungkap dalam kegiatan inspeksi mendadak (sidak) yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara bersama Forkopimda, di Pasar Purwodadi, Arga Makmur, pada Jumat (1/3/2024).

BACA JUGA:Resmi! Segini Tarif Listrik PLN Terbaru yang Berlaku Mulai 1 Maret 2024

Berdasarkan pantauan radarutara.id harga beras untuk kualitas menengah saat ini mengalami kenaikan harga mencapai Rp2.000/cupak (1,5kg), sehingga menjadi Rp22 ribu per kilogram.

Kemudian, untuk beras kemasan 25 kg mengalami kenaikan rata-rata Rp40 ribu/karung.

Selanjutnya, untuk harga daging, menjelang bulan Ramadhan ini belum terlihat mengalami kenaikan yang signifikan, yang mana harga daging masih di kisaran harga Rp135 ribu/kg dari sebelumnya Rp130 ribu/kg.

"Kalau daging cuman naik Rp5 ribu saja per kilogramnya. Ini artinya masih lumayan stabil," ujar Jon Dege, salah seorang pedagang daging di Pasar Purwodadi.

BACA JUGA:Rencana Pengalihan Jalan Ketahun-Batik Nau Masih Buntu, Begini Kata Kades

Adapun harga bapok yang mengalami kenaikan harga cukup signifikan yaitu cabai. Untuk saat ini harga cabai di Pasar Purwodadi mengalami kenaikan mencapai 100 %. Seperti Cabe merah biasanya Rp 40.000 hingga Rp 50.000 per kilogramnya saat ini sudah menembus harga Rp 90.000 sampai Rp 100.000 Per Kilogramnya.

Berdasarkan hasil Sidak tersebut juga berhasil memastikan bahwa untuk bapok beras di Kabupaten Bengkulu Utara masih relatif aman. Pasalnya stok di Gudang Bulog Bengkulu Utara masih tersedia sekitar 200 ton beras.

"Stok beras menjelang ramadan terpantau sangat banyak. InsyaAllah cukup hingga setelah lebaran," kata Sekda Bengkulu Utara, Fitriansyah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: