7 Keunikan Rumah Fatmawati di Bengkulu, Jadi Saksi Bisu Sejarah Kemerdekaan RI

7 Keunikan Rumah Fatmawati di Bengkulu, Jadi Saksi Bisu Sejarah Kemerdekaan RI

Ini 7 Keunikan Rumah Fatmawati di Bengkulu, Jadi Saksi Bisu Sejarah Kemerdekaan RI--

RADARUTARA.ID- Bengkulu merupakan kota yang dipenuhi dengan peninggalan sejarah di masa kemerdekaan. Salah satu tempat bersejarah di kota Bengkulu yaitu rumah Fatmawati Soekarno, merupakan istri dari Presiden Soekarno.

Fatmawati, memiliki nama asli Fatimah, yaitu seorang pahlawan negara Indonesia yang menjadi ibu negara Indonesia di tahun 1945 sampai 1967. Beliau terkenal karena jasanya dalam membuat bendera sang saka merah putih, yang dikibarkan pada upacara Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Jakarta pada 17 Agustus 1945.

Bendera tersebut ternyata dibuat oleh Fatmawati yang di kediamannya ada di kota Bengkulu.

Hingga saat ini, kediamannya masih terawat dengan sangat baik dan bisa dikunjungi oleh wisatawan.

BACA JUGA:Pemkab Bengkulu Utara Akan Tingkatkan Jalan Berlumpur di Desa Bukit Tinggi Lewat Program TMMD 2024

Seperti apa rumah milik ibu negara Indonesia yang pertama ini? Simak beberapa fakta unik rumah Fatmawati di Bengkulu.

1. Rumah Fatmawati di Bengkulu yang sekarang ini menjadi salah satu situs sejarah dan museum. Rumah ini dirancang berypa rumah panggung dengan suasana yang tampak sangat cantik dan artistik dari semua sudut.

Adapun, rumah Fatmawati Soekarno adalah bangunan dengan usia 100 tahun yang dibangun sejak 1920, dan terlihat masih sangat kokoh.

2. Ketika memasuki ruang tamu, terpampang foto Fatmawati yang sangat cantik di masa mudanya, bahkan kondisinya juga sangat terawat. Kamu juga pastinya tidak boleh melupakan ruangan ini ketika berkunjung ke rumah Fatmawati yang menjadi museum.

3. Bukan cuma bangunan rumah, hal menarik lain yang ada di rumah Fatmawati juga terlihat pada mesin jahit yang sangat melegenda. Sebab mesin jahit milik Fatmawati Soekarno ini adalah mesin yang digunakan untuk menjahit bendera merah putih ketina dikibarkan pada 17 Agustus 1945. Pemakaian mesin ini digunakan dengan engkol yang cukup unik.

BACA JUGA:Tak Hanya Lezat, Ternyata Buah Alpukat Tenyata Bisa untuk Tingkatkan Berat Badan Anak

4. Di dekat mesin jahit kuno tersebut ada beberapa koleksi foto Soekarno  yang sangat kharismatik dalam memproklamirkan kemerdekaan Indonesia.  Situs sejarah lain yang ada di museum Fatmawati Soekarno juga sangat terasa kental dengan banyaknya kumpulan foto diorama yang tersusun dengan rapi. Kamu juga akan merasakan ikatan emosional seperti sedang kembali ke masa lampau.

5. Berdekatan dengan foto Fatmawati Soekarno, ada kursi ruang tamu dengan sentuhan kayu bernuansa klasik. Ruang tamu ini dirancang menggunakan konsep berwarna coklat dominan yang sangat cantik serta menghangatkan dari berbagai sudut.

6. Seperti desain kamar klasik pada umumnya, kamu akan ditakjubkan oleh meja rias unik dan ranjang besi yang kokoh dengan balutan kelambu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: