Mulai Berjalan 2025 Mendatang, Ini Calon Penerima Makan Siang Gratis dari Prabowo

Mulai Berjalan 2025 Mendatang, Ini Calon Penerima Makan Siang Gratis dari Prabowo

Mulai Berjalan 2025 Mendatang, Ini Calon Penerima Makan Siang Gratis dari Prabowo--

RADARUTARA.ID- Terkait dengan program makan siang gratis oleh Calon Presiden Prabowo dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka, akan segera dilaksankan pada tahun 2025 mendatang. Hal ini telah disampaikan langsung oleh Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartarto 

Dirinya memastikan bahwa program makan siang gratis tersebut, akan terus berjalan walaupun pemerintah memprediksi adanya defisit anggaran yang terjadi sekitar 2,4% sampai 2,8%.

"Membahas tentang program makan siang gratis, kita lihat defisit anggaran mencapai 2,4% - 2,8% itu untuk program yang menjadi quick win daripada presiden yang terpilih nanti atau pemerintah mendatang itu pos-posnya sudah bisa masuk," ungkapnya yang dilansir dari cnbcindonesia.com, Rabu (28/2).

BACA JUGA:Peserta yang Lolos Kartu Prakerja Gelombang 63 Segera Diumumkan, Cek Namamu Disini

Airlangga menyebutkan program makan siang gratis ini dibuat secara bertahap. Untuk gambarannya, pada tahap awal akan diberikan kepada balita dan ibu hamil. Lalu dilanjutkan hingga ke tahap SMP sampai ke daerah yang mempunyai angka stunting tinggi.

Tetapi terkait dengan anggarannya, hingga sekarang ini masih dihitung oleh kementerian dan lembaga terkait. Walaupun ia mengungkapkan bahwa sekarang ini sudah memegang data penerimanya. "Jumlah penerimanya sudah ada, kita sudah memiliki angkanya," ucap Airlangga.

Ia menjelaskan data yang diambil bersumber dari program sebelumnya di Kementerian Kesehatan. Mulai dari balita sebanyak 22,3 juta, anak TK 7,7 juta, SD 28 juta, dan Madrasah sampai SMP mencapai 12,5 juta.

BACA JUGA:Di Pasar Cipinang Harga Beras Mulai Turun Rp1.500/Kg, Beras Asal Bengkulu Ini Justru Disebut Paling Murah

Bahkan, Airlangga juga mengungkapkan pelaksanaan program ini dapat berlangsung pada tahun 2025 mendatang. 

“Setelah ini dapat dilakukan di tahun depan sesuai dengan tahapan-tahapan yang tadi saya jelaskan," ucapnya.

Dirinya juga mengungkapkan alasan pemerintahan Joko Widodo memasukkan program makan siang gratis dalam RAPBN 2025 mendatang. Menurutnya hal tersebut agar program bisa dilakukan dengan lancar di tahun 2025 mendatang.

"Kita memang minta arahan dari pak Presiden Joko Widodo bahwa pemerintahan itu akan berlanjut. keberlanjutan. Maka dari itu program yang membutuhkan anggaran itu dipersiapkan di inmark di RAPBN 2025. Sebab nantinya pelaksanaan RAPBN yaitu pemerintah mendatang agar bisa berjalan dengan lancar," tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: