Mencatat Sejarah, DPT Hanya 4 Ribu Kecamatan Air Padang Miliki 2 Anggota DPRD Bengkulu Utara

Mencatat Sejarah, DPT Hanya 4 Ribu Kecamatan Air Padang Miliki 2 Anggota DPRD Bengkulu Utara

Hasil perolehan suara di Dapil II DPRD Bengkulu Utara--

AIR PADANG, RADARUTARA.ID - Dwi Tanto dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Morten Proshansen dari Partai Demokrat berhasil mencuri perhatian dengan meraih suara paling banyak, pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2024 di Daerah Pemilihan (Dapil) Bengkulu Utara II.

Menariknya, kedua caleg ini berasal dari Kecamatan Air Padang, Kabupaten Bengkulu Utara yang hanya memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) 4.797 pemilih.

Sementara Kecamatan Padang Jaya yang memiliki DPT terbesar di Dapil II sebanyak 23.344 pemilih, namun hanya mendapatkan 1 kursi yakni Hotman Sihombing dari PDI Perjuangan yang meraih 2.754 suara.

Sementara di Kecamatan Giri Mulya dengan jumlah DPT 11.507 pemilih diraih oleh caleg Joko Witoyo dari Partai Gerindra dengan perolehan 1.841 suara.

BACA JUGA:Kabar Gembira, Beasiswa S1 di Unhan Dibuka Sampai Akhir Febuari, Begini Syarat Lengkapnya

Satu Kursi berikutnya diraih oleh caleg dari Kota Arga Makmur, Tommy Sitompul dari Partai Golkar dengan mengantongi 2.386 suara.

Menurut data real count yang diunggah oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Kamis (22/2/2024) pukul 14.30 WIB, Dwi Tanto berhasil mengumpulkan 2.721 suara dan Morten Proshansen mendapatkan 1.978 suara.

Data KPU tersebut, mencakup 91.62 persen atau 142 dari total 155 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Padang Jaya, Giri Mulya dan Air Padang. 

Dwi Tanto merupakan caleg Incumben di dapil II, sementara Morten Proshansen pendatang baru dan berhasil meraih kursi lewat Partai Demokrat.

BACA JUGA:Selesai Lakukan Rekapitulasi di Kecamatan Padang Jaya, 5 Truk Angkut Logistik Dikirim ke KPU Bengkulu Utara

Meskipun berbeda partai, kedua caleg tersebut menarik perhatian publik dan mencatat sejarah, lantaran berhasil menguasai suara dan diprediksi lolos menjadi Anggota DPRD Bengkulu Utara dengan jumlah DPT di Kecamatan Air Padang paling sedikit di Dapil II.

"Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan keluarga besar di Kecamatan Air Padang serta masyarakat di Dapil II lainnya meliputi Kecamatan Padang Jaya dan Giri Mulya,"ujar Morten Proshansen Caleg Demokrat saat dibincangi usai menghadiri kegiatan PPK di Kecamatan Padang Jaya.

Dalam hitungannya, Partai Demokrat berhasil mengumpulkan 4.339 suara. Dimana Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu mendapatkan suara terbanyak kedua setelah PDI Perjuangan dengan total suara partai 6.110 suara.

"Berdasarkan data dari semua saksi di TPS, Alhamdulillah mendapat suara 2.085. Sementara suara terbanyak di Kecamatan Air Padang mencapai 1000 lebih telah mencoblos saya,"katanya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: