Peristiwa Penting Umat Islam yang Terjadi di Bulan Sya’ban, Termasuk Berubahnya Arah Kiblat

Peristiwa Penting Umat Islam yang Terjadi di Bulan Sya’ban, Termasuk Berubahnya Arah Kiblat

Peristiwa Penting Umat Islam Yang Terjadi Di Bulan Sya’ban. Termasuk Berubahnya Arah Kiblat.--

RADARUTARA.ID - Saat ini kita telah memasuki bulan sya'ban yang tepatnya jatuh pada hari Ahad 11 Februari 2024 lalu. Penetapan awal sya'ban 1445 Hijriyah tersebut berdasarkan metode rukyah sebagaimana tertulis dalam Pengumuman Nomor : 015/LF–PBNU/II/2024 yang dikeluarkan pada Sabtu (10/2/2024).

Bulan ke-8 dalam kalender Hijriyah ini merupakan bulan yang penting bagi umat Islam, sebab ada banyak sekali peristiwa-peristiwa penting yang terjadi pada bulan sya'ban. Nah berikut ini ada tiga peristiwa penting yang terjadi pada bulan sya'ban yang patut untuk kita ketahui diantaranya:

BACA JUGA:Pantau Pencoblosan, Dandim 0423/Bengkulu Utara Sambangi Sejumlah TPS di Bengkulu Utara

1. Perubahan Arah Kiblat 

Peristiwa penting pertama yaitu perubahan arah kiblat yang pada awalnya kiblat umat islam menghadap di Baitul maqdis atau masjid Al Aqsa, yang kemudian berubah menghadap ke arah Ka'bah di Masjidil Haram. Sebelum diubahnya kiblat ke arah Masjidil Haram dan menghadap Ka'bah kaum muslimin saat itu salat menghadap Baitul maqdis selama 17 bulan 3 hari.

Perpindahan arah kiblat tersebut tertera di dalam surah al-baqarah ayat 144 yang berbunyi:

 فِى السَّمَآءِ‌‌ۚ فَلَـنُوَلِّيَنَّكَ قِبۡلَةً تَرۡضٰٮهَا‌ ۚ فَوَلِّ وَجۡهَكَ شَطۡرَ الۡمَسۡجِدِ الۡحَـرَامِؕ وَحَيۡثُ مَا كُنۡتُمۡ فَوَلُّوۡا وُجُوۡهَكُمۡ شَطۡرَهٗ ‌ؕ وَاِنَّ الَّذِيۡنَ اُوۡتُوا الۡكِتٰبَ لَيَـعۡلَمُوۡنَ اَنَّهُ الۡحَـقُّ مِنۡ رَّبِّهِمۡ‌ؕ وَمَا اللّٰهُ بِغَافِلٍ عَمَّا يَعۡمَلُوۡنَ

Latin: Qad nara taqallubaka wajhika fis-sama', fa lanuwalliyannaka qiblatan tardaha, fawalli wajhaka syatral-masjidil-haram, wa haisuma kuntum fawallu wujuhakum syatrah, wa innal-lazina utul-kitaba layalamuna annahul-haqqu mir rabbihim, wa mallahu bigafilin amma yamalun

Artinya: Kami melihat wajahmu (Muhammad) sering menengadah ke langit, maka akan Kami palingkan engkau ke kiblat yang engkau senangi. Maka hadapkanlah wajahmu ke arah Masjidilharam. Dan di mana saja engkau berada, hadapkanlah wajahmu ke arah itu. Dan sesungguhnya orang-orang yang diberi Kitab (Taurat dan Injil) tahu, bahwa (pemindahan kiblat) itu adalah kebenaran dari Tuhan mereka. Dan Allah tidak lengah terhadap apa yang mereka kerjakan.

BACA JUGA:Nggak Perlu Obat Kimia, Begini Cara Alami yang Ampuh Mengobati Biang Keringat Pada Anak

2. Diangkatnya seluruh amal 

Pada bulan sya'ban pula diangkatnya seluruh amal manusia, pengangkatan amal tersebut merupakan seluruh rekapitulasi amal secara penuh.

Namun walaupun demikian menurut Sayyid Muhammad Alawi menjelaskan bahwasanya ada beberapa waktu tertentu yang menjadi waktu penyerahan amal manusia kepada Allah SWT selain di bulan sya'ban. Waktu tersebut yaitu di setiap siang, malam, setiap kan.

Dan ada pula beberapa amalan yang diserahkan secara langsung kepada Allah tanpa menunggu waktu-waktu tertentu. Yaitu catatan amal shalat 5 waktu.

BACA JUGA:Rahasia Kulit Glowing ala Selebgram, Racikan Lulur Pemutih Badan dengan Lulur Shinzui dan Susu Beruang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: