Kapan Puasa Asyura 2024? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Kapan Puasa Asyura 2024? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya

Kapan Puasa Asyura 2024? Berikut Jadwal, Niat dan Keutamaannya--

RADARUTARA.ID- Tahun baru Islam atau bulan Muharam, adalah salah satu dari empat bulan mulia atau asyhurul hurum. Melalui keutamaannya, maka umat Islam dianjurkan untuk berpuasa di bulan yang mulia ini. 

Salah satu puasa sunah yang bisa Anda kerjakan yakni, puasa Asyuro. Dilaksanakan pada hari kesepuluh Muharam. Berikut, ini penjelasan tentang jadwal, niat hingga keutamaan dari puasa Asyuro.

Dilansir melalui situs NU Online, umat Islam sangat dianjurkan berpuasa di tanggal 9,10, dan 11 Muharram. Akan tetapi jika hanya ingin berpuasa sehari, dianjurkan untuk melakukannya pada tanggal 10 Muharam.

Merujuk dari kalender Hijriah oleh Kementerian Agama (Kemenag) RI, 1 Muharam jatuh pada 7 Juli 2024. Keputusan 1 Muharam atau tahun baru Islam juga tertera dalam SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2024. Dengan demikian berdasarkan penetapan tersebut, maka jadwal puasa Asyura jatuh pada hari Selasa, 16 Juli 2024.

Niat Puasa Asyura

Berikut bacaan niat puasa Asyura yang dapat dilafalkan:

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin 'an adâ'i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta'âlâ

Artinya, "Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT."

Namun apabila seseorang tiba-tiba ingin berpuasa di pagi hari ataupun terlupa membaca niat puasa pada malam harinya, maka dapat membaca niat di siang hari. Dengan syarat orang tersebut belum makan, minum dan melakukan hal-hal yang membatalkan puasa sejak Subuh. Berikut niat puasanya:

نَوَيْتُ صَوْمَ هَذَا اليَوْمِ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء أو عَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma hâdzal yaumi 'an adâ'i sunnatit Tasû'â awil âsyûrâ lillâhi ta'âlâ

Artinya, "Aku berniat puasa sunah Tasu'a atau Asyura hari ini karena Allah SWT." Wallahu a'lam.

Tata Cara Puasa Asyura

Tidak ada perbedaan tata cara berpuasa Asyura dengan puasa lainnya. Selain itu lama waktu berpuasanya juga sama seperti puasa pada umumnya, yaitu mulai dari terbit fajar sampai terbenam matahari. Berdasarkan sumber yang sama, berikut tata cara puasa Asyura:

- Membaca niat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: