Cara yang Aman Mengobati Biduran Pada Anak, Ibu-Ibu Wajib Tahu

Cara yang Aman Mengobati Biduran Pada Anak, Ibu-Ibu Wajib Tahu

Cara Yang Aman Mengobati Biduran Pada Anak, Ibu-Ibu Wajib Tahu.--

RADARUTARA.ID - Biduran merupakan sejenis reaksi pada tubuh akibat alergi atau karena hal-hal tertentu. Biduran ini dapat ditandai dengan munculnya ruam kemerahan pada kulit yang mirip seperti gigitan nyamuk dengan disertai rasa gatal. Kondisi ini tentunya membuat tidak nyaman terutama kepada anak yang akan membuatnya menjadi rewel dan bersih.

Biduran ini dapat muncul akibat hal-hal tertentu seperti reaksi alergi pada makanan, pada bahan-bahan pewangi, atau produk-produk parfum, pelembab, obat-obatan tertentu, gigitan serangga, dan masih banyak lainnya. Sedangkan penyebab lainnya bisa muncul karena stres atau perubahan cuaca secara ekstrem dan tiba-tiba.

Pada dasarnya biduran hanyalah reaksi yang ditimbulkan akibat alergi pada hal-hal tertentu saja, kondisi ruang dan bentol-bentol ini akan cepat menghilang biasanya setelah 1 jam atau satu hari.

Namun apabila kondisi ini disertai dengan gejala-gejala lain seperti kesulitan bernafas, pusing, mual dan muntah dan lemas sakit perut, dan hal-hal lainnya maka benda-benda harus segera konsultasikan kepada dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Secara Resmi Menaikan Tarif Parkir Kendaraan, Berikut Rinciannya

Kasus biduran dapat pula diatasi dari rumah saja Tidak mesti harus menggunakan penanganan medis, fokus utama untuk menghilangkan biduran adalah mengurangi rasa gatal dan ruam pada kulit. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan bunda-bunda ketika di rumah untuk mengatasi biduran diantaranya:

1. Mengompres area kulit yang terasa gatal dengan air dingin.

2. Mengajak Si Kecil berendam di air hangat. Bila memang diperlukan, ibu bisa menambahkan oatmeal pada air rendaman untuk membantu mengurangi rasa gatalnya.

3. Gunakan pelembap pada kulit anak setelah mandi untuk menghindari kulit kering.

4. Pastikan suhu di kamar tidak terlalu dingin atau panas. Pasalnya, pada beberapa kondisi, gatal akibat biduran bisa semakin memburuk jika suhu ruang terlalu panas atau dingin.

BACA JUGA:Mengapa Anak Rentan Terkena Biduran? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Jika cara-cara tersebut tidak dapat mengobati biduran maka segera konsultasikan kepada dokter dan meminta resep untuk obat biduran tersebut.

Biasanya dokter akan memberikan obat antihistamin untuk membantu mengurangi rasa gatal tersebut. Ibu juga bisa menggunakan losion calamine untuk membantu mengurangi ruam dan rasa gatal pada tubuh anak. Pastikan kulit dalam keadaan kering sebelum mengoleskan losion, ya. 

Selain itu bunda juga disarankan untuk tidak menggunakan pakaian kepada anak terlalu tebal dan mencegahnya untuk berkeringat, sebab hal-hal tersebut bisa membuat biduran pada anak semakin parah. Melakukan tindakan pencegahan dan konsultasi yang tepat maka biduran dapat diatasi tanpa menimbulkan efek dan gejala yang parah.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: