Ibu Wajib Tahu, Makanan Ini Ternyata Menjadi Pemicu Biduran Pada Anak

Ibu Wajib Tahu, Makanan Ini Ternyata Menjadi Pemicu Biduran Pada Anak

Ibu Wajib Tahu, Makanan Ini Ternyata Menjadi Pemicu Biduran Pada Anak.--

RADARUTARA.ID - Biduran merupakan suatu kondisi dermatologis yang ditandai oleh munculnya bercak merah  berbentuk bentol di permukaan kulit, disertai rasa gatal yang tak tertahankan. Gejala ini dapat  menyebar ke seluruh tubuh, menimbulkan  rasa tidak nyaman pada kulit. Bentol akibat Biduran dapat muncul di berbagai area tubuh.

Bentol yang disebabkan karena biduran memiliki bentuk yang berbeda-beda serta ukurannya pun relatif tak sama. Selain rasa gatal yang ditimbulkan biduran juga menimbulkan sensasi perih pada kulit. Bentol akibat biduran bisa muncul di berbagai bagian tubuh sebab ini merupakan bentuk reaksi tubuh terhadap benda-benda asing yang dianggap alergi.

Munculnya gejala biduran biasanya disebabkan karena alergi makanan dan benda-benda tertentu termasuk ketika seseorang mengkonsumsi makanan seperti seafood, telur, kacang-kacangan hingga makanan olahan susu.

Biasanya reaksi alergi ini akan muncul setelah beberapa jam makanan dikonsumsi dan akan menghilang setelah 1 jam atau satu hari kemudian.

BACA JUGA:Obat Herbal Warisan Nenek Moyang, Bawang Merah Sangat Ampuh Menurunkan Panas Anak, Begini Cara Mengolahnya

Selain itu bentol-bentol biduran bisa juga disebabkan karena infeksi virus, reaksi alergi, konsumsi makanan tertentu, sengatan serangga, hingga kondisi cuaca yang ekstrem. Apabila biduran telah muncul ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk meredakan rasa gatal dan mengurangi gejala tersebut yaitu:

1. Mandi

Setelah biduran muncul Salah satu cara yang dapat kita lakukan adalah dengan mandi, namun usahakan gunakan air dingin untuk memberikan rasa sensasi nyaman pada kulit hindari mandi dengan menggunakan air hangat saat biduran menyerang. Namun kondisi ini juga harus dipahami sebab biduran juga dapat disebabkan karena suhu dingin ataupun panas.

2. Kompres Kulit 

Kompres lah bagian kulit yang terkena biduran dengan menggunakan air dingin agar sensasi nyeri dan gatal pada kulit tersebut dapat kurang dan menimbulkan rasa nyaman yang membuat meredakan.

BACA JUGA:Mengapa Anak Rentan Terkena Biduran? Bagaimana Cara Mengatasinya?

3. Gunakan Losion 

Mengatasi rasa tidak nyaman pada kulit yang biduran juga bisa dilakukan dengan membalurkan losion. Pilihlah jenis losion yang mengandung Calamine. lalu oleskan pada area kulit yang mengalami bentol. Produk ini bisa membantu mengurangi rasa sakit dan perih akibat biduran.

4. Hindari Pakaian Ketat 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: