Obat Herbal Warisan Nenek Moyang, Bawang Merah Sangat Ampuh Menurunkan Panas Anak, Begini Cara Mengolahnya

Obat Herbal Warisan Nenek Moyang, Bawang Merah Sangat Ampuh Menurunkan Panas Anak, Begini Cara Mengolahnya

Obat Herbal Warisan Nenek Moyang, Bawang Merah Sangat Ampuh Menurunkan Panas Anak. Begini Cara Mengolahnya--

RADARUTARA.ID - Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang sering kita jumpai sebagai pelengkap masakan. Tumbuhan yang memiliki nama ilmiah Allium cepa var ascalonicum (L) ini memiliki aroma khas yang dapat dijadikan sebagai pelengkap masakan.

Namun yang tak kalah menarik adalah, bawang merah ternyata sangat ampuh untuk menurunkan panas demam pada anak. Hal ini dikarenakan bawang merah mengandung organosulfur, senyawa ini dikenal memiliki sifat antibakteri, anti jamur, dan anti virus.

Jadi penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri tersebut dapat diatasi dengan diberikan bawang merah. Selain itu senyawa organosulfur pada bawang merah juga telah lama dimanfaatkan oleh masyarakat pada zaman dahulu untuk pengobatan baik itu demam, batuk, dan flu.

Selain itu pada bawang merah juga mengandung sejumlah bahan alami diantaranya serat, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, Zinc, dan folat. Senyawa-senyawa tersebut tentunya akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan imunitas dan nutrisi pada anak.

BACA JUGA:Resep Obat Batuk Anak Warisan Leluhur, Ternyata Air Sadapan Lengkuas Lebih Ampuh dari Obat Apotik

Nah berikut ini adalah beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menurunkan panas anak dengan menggunakan bawang merah diantaranya:

1. Mencampur Bawang Merah dengan Minyak

Bawang merah dapat dijadikan sebagai obat dengan cara mencampurkannya dengan minyak, biasanya minyak yang digunakan adalah minyak telon atau minyak kayu putih. Setidaknya siapkan dua hingga tiga buah bawang merah lalu kupaslah kulitnya kemudian iris bawang merah tersebut dan jangan sampai terlalu halus.

Setelah selesai diiris campurkan dengan minyak kayu putih atau telon yang telah disediakan sebelumnya. Tuangkan minyak tersebut sedikit saja sebab minyak hanya dibutuhkan untuk memudahkan bawang merah dioleskan.

2. Mengoleskan Langsung ke Badan Anak

Cara kedua ini bisa dilakukan dengan membelah dua bawang merah kemudian oleskan bawang merah tersebut kepada bagian tubuh anak yang diinginkan misalkan perut atau bagian lainnya. Cara ini dapat dilakukan sebagai alternatif apabila anak tidak menyukai aroma dari minyak yang dioleskan. Pastikan saat mengoles bawang merah tersebut sembari memijat tubuh anak misalkan pada bagian kepala ubun-ubun perut dan bagian lainnya.

BACA JUGA:Wisata Danau Bermanei, Spot Healing Baru untuk Berburu Foto Instagramable

3. Mengoleskan Bawang atau Minyak Bawang saat Anak Tidur

Biasanya memberikan obat kepada anak merupakan hal yang menyulitkan, namun dapat dilakukan ketika anak sedang tidur. Oleskan minyak bawang merah atau bawang merahnya kepada tubuh anak ketika ia sedang beristirahat. Dengan begini ia akan lebih merasa nyaman dan tenang daripada ketika ia sedang terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: