Resep Obat Batuk Anak Warisan Leluhur, Ternyata Air Sadapan Lengkuas Lebih Ampuh dari Obat Apotik

Resep Obat Batuk Anak Warisan Leluhur, Ternyata Air Sadapan Lengkuas Lebih Ampuh dari Obat Apotik

Resep Obat Batuk Anak Warisan Leluhur, Ternyata Air Sadapan Lengkuas Lebih Ampuh dari Obat Apotik--

RADARUTARA.ID - Di saat kondisi cuaca yang tidak menentu saat sekarang ini tentunya akan menimbulkan masalah pada kesehatan tubuh, terutama ketika musim hujan yang sedang melanda banyak daerah di Indonesia. Hal tersebut seringkali menimbulkan masalah kesehatan baik itu flu batuk atau bahkan demam terutama pada anak-anak yang rentan terhadap penyakit.

Sebab itulah kita harus senantiasa menjaga kesehatan dengan tidak lupa mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan meminum suplemen vitamin untuk kesehatan. Namun jika anak-anak kita masih terserang penyakit flu dan batuk, maka cobalah obati dengan bahan-bahan alami. Karena jika mengkonsumsi obat-obatan kimia terlalu sering, juga tidak baik untuk kesehatan.

Salah satu alternatif yang dapat kita lakukan kepada anak-anak adalah dengan melakukan pengobatan secara herbal. Seperti memberi sadapan air lengkuas yang terbukti sangat ampuh mengobati batuk dan flu anak sejak zaman nenek moyang. Tanaman lengkuas yang biasanya sering digunakan sebagai bumbu dapur untuk masakan ini sangat besar manfaatnya sebagai obat tradisional.

BACA JUGA:Meski Murah dan Sudah BPOM, Ini Efek Samping Penggunaan Bedak Kelly

BACA JUGA:Selain untuk Kulit, Ini 5 Manfaat Mengejutkan Kolang Kaling Bagi Kesehatan

Kita dapat mengolah air sadapan dari lengkuas untuk dijadikan sebagai obat batuk berdahak, adapun cara membuatnya adalah sebagai berikut:

1. Langkah pertama kamu siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memulai menyadap pohon lengkuas, adapun alatnya diantaranya pisau, tali, plastik atau bisa juga menggunakan botol plastik.

2. Setelah itu cari dan pilih Batang lengkuas yang berukuran besar dan masih muda, pilihlah setidaknya 3 Batang untuk disadap akhirnya. Semakin banyak tanaman lengkuas yang disadap maka akan semakin banyak pula air yang akan diperoleh.

3. Lalu potonglah beberapa Batang lengkuas yang telah dipilih, setelah itu masukkan ujung batang lengkuas ke dalam plastik atau botol yang telah dibawa agar air sadapan dapat tertampung. Pastikan pula kamu mengikat ujung botol atau plastik tersebut dengan menggunakan tali agar mencegah hewan-hewan kecil masuk ke dalam air sadapan.

4. Kemudian tekuklah Batang lengkuas agar airnya dapat turun ke bawah, tidak lupa pula mengikat Batang lengkuas yang telah ditekuk tersebut agar tetap berada di posisinya. 

Sebagai saran sebaiknya kamu membuat dan memasang alat sadapan ketika sore hari tiba, dan mengambilnya di saat pagi hari. Air sadapan lengkuas memiliki sejumlah manfaat yang dapat membantu mengobati batuk berdahak, untuk mendapatkan hasil yang maksimal usahakan untuk mengkonsumsi air sarapan lengkuas ini secara rutin hingga batuk tersebut hilang sepenuhnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: