Benarkah Suku Mante Nyata, Cek Faktanya Berikut Ini

Benarkah Suku Mante Nyata, Cek Faktanya Berikut Ini

Benarkah Suku Mante, Benar - Benar Ada?--

RADARUTARA.ID - Salah satu Suku yang masih sangat menjadi misteri adalah Suku Mante. suku ini disebut bertempat tinggal di Pedalaman Hutan Provinsi Nangroe Aceh Darusallam (NAD).

Bermacam cerita memang sempat beredar di kalangan masyarakat Aceh mengenai Keberadaan Suku ini. 

Penduduk suku ini dinarasikan memiliki ciri-ciri tubuh mungil dan memiliki kemampuan berlari yang sangat cepat.

Jika ditelusuri lebih jauh, asal usul Suku Mante memiliki sejarah yang sangat panjang, Jika dari sejarah, kebudayaan ini adalah cikal bakal munculnya rakyat Aceh yang diketahui hingga saat ini.

BACA JUGA:Cek Fakta, Benarkah Harta Karun Ahmad Shah Benar-benar Ada?

Menurut rumor yang beredar, para suku Mante merupakan  nenek moyang orang Aceh, satu kelas dengan suku Lanun, Senoi, Jakun, Sakai, serta suku Semang yang berada di Aceh. Suku-suku ini pula adalah keturunan Melayu Proto.

Suku Mante juga diceritakan secara turun temurun telah ada sejak zaman Kerajaan Aceh, dan masih satu garis keturunan dengan Suku Melayu.

Seiring berkembangnya zaman, suku ini juga sering dianggap manusia purba, pasalnya keberadaannya yang hampir tidak pernah terlihat ratusan tahun lamanya. 

Bahkan, ada beberapa ahli menganggap mereka sudah punah. Suku Mante pertama kali diperkenalkan oleh Dr Snouck Hurgronje dalam bukunya yang berjudul De Atjehers.

Dia mengartikan, Mante merupakan istilah untuk tingkah seseorang yang bodoh dan kekanak-kanakan. Akan tetapi Snouck sendiri mengaku belum pernah bertemu dengan Suku Mante.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: