Laporan Pelanggaran Pemilu dari Masyarakat Minim, Begini Kata Panwascam

Laporan Pelanggaran Pemilu dari Masyarakat Minim, Begini Kata Panwascam

Laporan pelanggaran Pemilu di Bengkulu Utara terpantau minim--

RADARUTARA.ID- Dipastikan, hingga memasuki H-6 penyelenggaraan Pemilu 14 Februari 2024. Proses dan fungsi pengawasan terhadap masa kampanye terhadap seluruh kegiatan peserta Pemilu 2024 masih gencar dilaksanakan oleh jajaran Panwas di masing-masing kecamatan atau Panwascam, khususnya di wilayah dapil IV Bengkulu Utara.

Hanya saja, dari peran pengawasan yang dilaksanakan oleh setiap Panwascam sampai hari, ini tidak ada permasalahan tentang Pemilu 2024 yang bersifat menonjol, bahkan belum ditemukan adanya laporan dan penanganan terhadap sejumlah pelanggaran selama masa kampanye berlangsung hingga Kamis (8/2) hari ini.

"Sampai hari, ini belum ada laporan pelanggaran apapun dari masyarakat yang kami terima maupun tangani," ungkap Ketua Panwascam Putri Hijau.

BACA JUGA:4 Ruang Kelas, WC hingga Perpustakaan di SDN 061 Bengkulu Utara dalam Kondisi Rusak Berat

Kendati demikian, Irwan, memastikan, upaya pengawasan terhadap situasi yang berlangsung dilapangan melalui peran Panwas desa tetap berjalan sesuai prosedur yang ada. 

"Meskipun laporan pelanggaran nihil, kami tetap berjalan untuk melaksanakan fungsi pengawasan, khususnya kepada kegiatan-kegiatan kampanye oleh peserta Pemilu yang sebelumnya sudah terjadwal. Selebihnya kami tetap membuka ruang seluasnya kepada masyarakat atau siapapun yang ingin melaporkan setiap pelanggaran Pemilu yang ditemukan dengan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku," pungkasnya.

Hal senada juga diakui oleh Ketua Panwascam Marga Sakti Sebelat (MSS), Priska Nandra, S.Ak, bahwa sampai hari, ini pihak juga belum menerima atau memproses sejumlah laporan tentang pelanggaran Pemilu apapun yang berasal dari masyarakat.

"Sampai hari, ini belum ada laporan secara prosedural yang kami terima maupun, dalam proses. Hanya saja kita terus optimalkan upaya pengawasan sampai pelaksanaan Pemilu 2024 nantinya tuntas, khususnya pada saat masa tenang mendatang," demikian Priska.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: