Hingga Februari 2024, Baru 40 Desa di Bengkulu Utara Usulkan Pencairan Dana Desa

Hingga Februari 2024, Baru 40 Desa di Bengkulu Utara Usulkan Pencairan Dana Desa

Kepala DPMP Bengkulu Utara, Margono, S.Pd--

RADARUTARA.ID - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara mendorong kepada seluruh Desa tersebar di 215 desa, agar segera menyiapkan usulan pencairan dana desa tahun 2024.

Hingga 1 Februari 2024, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) mencatat sudah ada 40 desa yang sudah mengajukan permohonan pengajuan pencairan dana desa tahun 2024.

"Baru 40 desa yang sudah mengajukan Pencairan 2024,"ungkap, Margono M.Ap Kepala DPMD Bengkulu Utara usai menghadiri Musrenbangcam di Giri Mulya, Senin (5/2/2024).

Margono menyebutkan, usulan pencairan anggaran dana desa ditahun 2024 ini secara tahapan dibagi dua, tahap pertama Pencairan 40 persen dan tahap kedua 60 persen.

"Secara regulasi yang membedakan adalah tahapan Pencairan antara desa mandiri dan desa reguler,"imbuhnya.

BACA JUGA:Linmas Diminta Laporkan Segala Bentuk Kerawanan yang Menganggu Jalannya Pemilu 2024, Kapolsek: TPS Harus Aman!

Saat ini, kata Margono, berkas 40 desa yang telah mengajukan permohonan pencairan dana desa tersebut, telah berada di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Kabupaten Bengkulu Utara guna dilakukan proses sesuai ketentuan yang berlaku.

Seperti diketahui, total alokasi dana desa dari pemerintah pusat yang dialokasikan untuk Kabupaten Bengkulu Utara pada tahun 2024 mencapai sebesar Rp181 miliar lebih.

Sedangkan pada tahun 2023 lalu, alokasi dana desa untuk Kabupaten Bengkulu Utara hanya berjumlah Rp172 miliar lebih.

Dikesempatan itu, pihaknya hingga kini terus berupaya melakukan komunikasi dengan jajaran Camat dan aparatur desa.

Sehingga kata dia, Desa yang belum menyelesaikan syarat pencairan Dana Desa diharapkan segera mengusulkan pencairan anggaran dana desa, sehingga anggaran tersebut bisa segera digunakan untuk kepentingan masyarakat di desa.

"Hingga saat ini tidak ada kendala dalam usulan Pencairan, begitu berkas dari desa sudah lengkap maka langsung bisa diproses,"pungkasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: