Danau Tes, Danau Terbesar di Bengkulu yang Jadi Spot Favorit Untuk Bersantai di Lebong

Danau Tes, Danau Terbesar di Bengkulu yang Jadi Spot Favorit Untuk Bersantai di Lebong

Danau Tes, Spot Favorit Untuk Bersantai di Lebong Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Danau Tes merupakan sebuah danau paling besar di Provinsi Bengkulu dan terbentang antara dua buah dusun adat suku Rejang, yakki dusun adat Kutei Donok (Desa Tengah) dan dusun adat Tes.

Danau ini berlokasi di Kecamatan Lebong Selatan, Kabupaten Lebong, serta terletak di lereng pegunungan Bukit Barisan dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Secara geografis topografi Danau Tes dan daerah di sekitarnya metupakan lereng perbukitan dengan ketinggian menengah kurang lebih 500 meter di atas permukaan laut, hal ini yang membuat Danau Tes dan daerah sekelilingnya mempunyai cuaca yang sejuk dengan curah hujan yang merata di sepanjang tahun.

BACA JUGA:Asal Usul Kelahiran Semar, Sang Tokoh Pewayangan Paling Terkenal di Tanah Jawa

Potensi Danau Tes didukung dengan pemandangan di sekeliling kawasan danau yang berlokasi di Kecamatan Lebong Selatan. Bukan hanya dikelilingi kawasan hutan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS), Danau Tes juga memiliki pesona alam yang tak kalah menarik untuk didatangi.

Bukan hanya tempat wisata, Danau Tes juga menjadi pusat Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) di Kota Bengkulu. Danau ini merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Lebong, bahkan menjadi danau terbesar di Provinsi Bengkulu.

Danau yang terbentang luas dari Kutei Donok (Kota Donok) hingga ke Kelurahan Tes Kecamatan Lebong ini luasnya sekitar 750 hektare.

BACA JUGA:Pasar Minggu, Jadi Pusat Jual Beli Burung Terlengkap di Kota Bengkulu

Fauna khas Danau Tes yaitu itik tebet/burung belibis, belibis merah, bebek mandarin, ikan selan serta ikan maruju.

Fasilitas yang tersedia diantaranya :

1. Villa dan penginapan untuk pengunjung hingga sarana dan prasarana pendukung lainnya

2. Gardu pandang dipakai untuk tempat memandang Danau Tes secara keseluruhan dan kerap juga digunakan sebagai tempat penyelenggaraan acara-acara besar

3. Persewaan perahu: ada juga tempat persewaan perahu untuk mengelilingi Danau Tes dan bisa melihat keempat Desa Adat Rejang.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: