Jelang Pemilu 2024, Para Siswa Geruduk Kantor Dukcapil Bengkulu Utara

Jelang Pemilu 2024, Para Siswa Geruduk Kantor Dukcapil Bengkulu Utara

Pelayanan rekam E-KTP yang sempat dilakukan di sekolah-sekolah dan desa secara langsung--

RADARUTARA.ID- Menjelang pelaksanan pemungutan suara Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 ratusan siswa SMA/SMK di Kabupaten Bengkulu Utara datangi Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bengkulu Utara.

Kedatangan para siswa itu bertujuan untuk melakukan perekaman E-KTP sebagai syarat untuk dapat memberikan hak pilihnya, pada Pemilu 2024 yang dijadwalkan bakal berlangsung pada 14 Februari 2024.

Kepala Disdukcapil Bengkulu Utara, Suwanto mengatakan jelang Pemilu 2024 ini jumlah para siswa yang melakukan perekaman E-KTP ke Dinas Dukcapil Bengkulu Utara sangat signifikan. Bahkan, jumlah layanannya sangat mendominasi disetiap harinya.

"Hampir setiap hari 20 anak usia sekolah tingkat atas datang ke kantor untuk rekam KTP. Apalagi waktu libur sekolah kemarin. Wah, jumlahnya sangat membludak, Mas," ujarnya kepada RadarUtara.id, pada Jumat 26 Januari 2024.

BACA JUGA:Saksi Pemilu 2024 Harus Kantongi Mandat dari Parpol, Bukan dari Caleg

Ia mengatakan seharusnya para siswa ini tidak perlu datang ke Kantor Disdukcapil untuk mendapatkan pelayanan rekam E-KTP. Sebab, di sepanjang tahun 2023 lalu. Pihaknya secara intens sudah turun ke sekolah-sekolah untuk melakukan rekam E-KTP untuk para pemilih pemula.

"Tapi kesempatan itu memang tidak dimanfaatkan dengan baik oleh para siswa. Jadi ketika mendekati Pemilu seperti saat ini barulah mereka berbondong-bondong melakukan rekam E-KTP," bebernya.

Suwanto mencontohkan, pada tahun 2023 lalu, pihaknya telah datang ke SMKN II Bengkulu Utara untuk melakukan pelayanan perekaman E-KTP kepada para pemilih pemula, baik itu yang sudah masuk usia 17 tahun atau lebih maupun baru menginjak usia 16 tahun. Hanya saja selama dua kali pihaknya lakukan layanan perekaman E-KTP, namun yang mau rekam E-KTP hanya berjumlah 67 orang saja.

"Jadi memang tidak dimanfaatkan dengan baik pelayanan kami waktu turun ke sekolah. Maka saat menjelang Pemilu banyak siswa yang datang ke kantor untuk buat E-KTP," jelasnya.

"Untuk anak usia 16 tahun sudah bisa rekam E-KTP. Hanya saja penerbitan E-KTP kita lakukan saat usianya sudah 17 tahun. Ya, untuk hadiah ulang tahun mereka lah," imbunya.


Pelayanan Disdukcapil saat ini dipenuhi oleh anak sekolah yang akan merekam KTP--

Suwanto juga menjelaskan, adapun jumlah Wajib KTP pemula Kabupaten Bengkulu Utara hingga 31 Desember 2023 yaitu berjumlah 7.816 orang. Kemudian yang sudah melakukan perekaman KTP yaitu berjumlah 6.728 orang atau sudah 86,08 persen sudah melakukan perekaman E-KTP.

"Namun dengan intensitas banyaknya siswa yang melakukan rekam E-KTP sepanjang tahun 2024 ini, maka kami pastikan persentase para pemilih pemula yang sudah rekam E-KTP juga sudah bertambah banyak. Ya kita perkirakan yang belum rekam KTP tinggal tersisa ratusan anak saja," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: