Siapa Sangka, Ternyata Liling Khas Bengkulu Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Siapa Sangka, Ternyata Liling Khas Bengkulu Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan

Siapa Sangka, Ternyata Liling Khas Bengkulu Punya Banyak Manfaat bagi Kesehatan--

RADARUTARA.ID - Masyarakat Tanah Air lebih mengenal keong sawah dengan sebutan tutut, yakni jenis siput air. Namun jika di Bengkulu, hewan yang satu ini disebut dengan liling. Ukuran liling lebih kecil dibanding drngan bekicot dan biasanya bisa diolah menjadi masakan yang enak.

Harus diketahui, dalam seekor liling terkandung berbagai zat gizi yang bermanfaat bagi kesehatan, yakni ada Protein, Karbohidrat, Lemak, Vitamin, Fosfor, Kalsium, Zink, Zat besi dan Kalium.

Ada banyak orang yang mengolah liling sebagai lauk pauk. Ditambah lagi karena gampang didapatkan, harganya juga murah, dan gizi yang terkandung bisa dikatakan cukup lengkap.

BACA JUGA:Pengusaha UMKM Bisa Dapatkan KUR Mandiri 2024 dengan Syarat Mudah dan Bunga Rendah, Yuk Cek Angsurannya

Jadi, inilah manfaat kesehatan yang bisa kamu rasakan kalau mengonsumsi liling:

1. Baik untuk nutrisi otak

Liling mengandung nutrisi yang bisa mendukung fungsi otak bekerja dengan baik. Kandungan tersebut yakni asam lemak tak jenuh. Harus diketahui, asam lemak tak jenuh memiliki manfaat bagi kesehatan otak. 

Bahkan, lemak yang terkandung dalam liling juga termasuk asam linoleat (omega-6) dan asam linolenat (omega-3). Asam lemak omega-3 ini memiliki peran penting bagi otak, yakni mengurangi stres oksidatif, meningkatkan daya ingat, serta mengoptimalkan perkembangan otak anak. Sedangkan, kandungan omega-6 di liling bermanfaat untuk memperlancar fungsi sel-sel saraf otak. 

BACA JUGA:Harga Emas di Tahun 2024 Diprediksi Masih Akan Melonjak hingga Rp1,6 Juta/Gram, Begini Alasannya

2. Mendukung pertumbuhan tulang

Orang tua visa mencegah masalah pertumbuhan anak dengan memberikan makanan liling pada anak-anak. Ini merupakan salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan protein dan kalsium. Karena, dalam setiap 100 gram liling, terkandung sekitar 129 mg kalsium, atau memenuhi paling tidak 10 persen kebutuhan kalsium harian. 

3. Meningkatkan sistem imun

Liling mengandung vitamin A, B, dan C, yang berfungsi untuk memperkuat sistem imun tubuh. Melalui sistem imun yang prima, maka tubuh menjadi tidak gampang sakit. 

Seperti yang telah diketahui, vitamin C memiliki manfaat dalam produksi sel darah putih penghasil antibodi. Vitamin ini juga bisa mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas yang memicu terjadinya penyakit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: