Mencicipi Kerupuk Gurita, Jajanan Kesukaan Gen Z di Bengkulu

Mencicipi Kerupuk Gurita, Jajanan Kesukaan Gen Z di Bengkulu

Mencicipi Kerupuk Gurita, Jajanan Kesukaan Gen Z di Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Kekayaan biota laut nusantara masih menjadi potensi besar untuk diolah di banyak desa yang berlokasi di wilayah pesisir.

Jika selama ini masih banyak nelayan di desa-desa pesisir yang cuma mengandalkan hidup dari menangkap ikan saja, sekarang ini saatnya berpikir untuk mengolah serta memproduksi hasil laut. Contohnyanya gurita. Tidak ada yang menduga binatang laut yang terlihat seram itu bisa diolah menjadi kerupuk yang gurih dan lezat.

Seperti yang diketahui, gurita merupakan hewan laut sejenis moluska yang memang berpenampilan agak menyeramkan. Tetapi ternyata gurita bisa menjadi salah satu komoditas andalan di provinsi Bengkulu tepatnya di Kabupaten Kaur.

Selama ini, biasanya gurita diolah menjadi beraneka ragam kuliner mulai dari gulai, rendang ataupun sate. Tentu masakan gurita juga lezat dan kaya gizi seperti ikan-ikan segar dari lautan yang mengandung protein tinggi, tetapi kita cuma bisa menikmatinya kalau kebetulan berkunjung ke Provinsi Bengkulu.

BACA JUGA:Mengenal Lebih Dekat Marsa Coffee, Kopi Premium dari Desa Marga Sakti, Bengkulu Utara

Berkat kreatifitas masyarakat Kaur, mereka membuka inovasi baru untuk masyarakat lainnya supaya bisa terus menikmati gurita yaitu diolah sebagai cemilan yang bernama kerupuk gurita.

Proses produksi kerupuk gurita memerlukan proses yang cukup panjang. Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.

Proses pembuatan kerupuk gurita memang tergantung dengan cuaca seperti proses produksi jenis krupuk pada umumnya yang memang wajib dijemur sampai kering sebelum dijual ke konsumen. Di musim hujan, hal ini yang bisa menjadi kendala dan sangat berdampak pada tingkat produktivitas para produsen kerupuk.

BACA JUGA:Amalan dari Gus Iqdam, Agar Rezeki Lancar dan Dijauhkan dari Siksa Kubur, Baca 100x Hidupmu Terasa Lapang

Strategi untuk mengatasi hal ini contohnya dengan menggenjot produksi ketika cuaca panas atau sesang musim kemarau untuk menyetoknya di musim hujan. Beruntung kerupuk adalah produk yang tahan lama dan tidak akan berubah rasanya kalau disimpan lama dalam keadaan mentah. 

Biasanya Kerupuk Gurita dibandrol dengan harga Rp. 15.000 per bungkus.

Jadi bagi kamu pecinta kerupuk, wajib membeli kerupuk gurita khas Kaur Bengkulu ini dengan beraneka ragam varian rasa yang akan merayu lidahmu.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: