Akibat Ulah Manusia, Ikan Pari Indonesia Dinyatakan Punah

Akibat Ulah Manusia, Ikan Pari Indonesia Dinyatakan Punah

Akibat Ulah Manusia, Ikan Pari Indonesia Dinyatakan Punah--

RADARUTARA.ID - Salah satu Spesies Ikan Pari Java Stingaree yang diketahui hanya lewat satu spesimen, yang diambil di pasar ikan jakarta pada 1862 secara resmi telah dinyatakan punah oleh Internasional Union For Conservation Of Nature pada senin (11/12) lalu.

Penilaian tentang punahnya spesies ikan ini dilakukan bersama dengan tim Iinternasional yang dipimpin oleh Universitas Charles Darwin.

Menurut keterangan IUCN Red Unit, Craig Hilton -Taylor, punahnya spesies ikan laut ini dikarenakan ulah dari manusia.

"Pertama kalinya spesies ikan laut punah dikarenakan aktivitas manusia," ujarnya.

BACA JUGA:Rekomendasi Sarapan di Bubur Ayam Abah Amel Bengkulu, Kuahnya Gurih, Sedap Bikin Ketagihan!

Diungkapkan oleh Phd Cabdidate Charles Darwin, penyebab utama punahnya spesies ikan ini Karana penangkapan secara umum dan tidak di atur.

"Penangkapan ikan secara intensif dan tidak diatur kemungkinan besar menjadi ancaman bagi ikan pari spesies ini, selain itu tempat dimana ikan ini muncul juga sudah dipenuhi dengan industri," ungkapnya.

Maka tak heran, jika beberapa tahun mendatang, anak muda di Indonesia tak akan mengenal jenis ikan Pari asli Indonesia dan hanya bisa melihat dari tulisan sejarah saja.

Untuk itu, demi mencegah makhluk hidup lainnya yang berasal dari Indonesia punah, baik hewan darat maupun perairan, hendaknya semua bertanggung jawab untuk menjaga ekosistem dan keberlangsungan hidup mereka.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: