Tak Hanya Nikmat, Ternyata Daun Kemangi Sangat Bagus untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Tak Hanya Nikmat, Ternyata Daun Kemangi Sangat Bagus untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Tak Hanya Nikmat, Ternyata Daun Kemangi Sangat Bagus Untuk Kesehatan Juga Kecantikan--

RADARUTARA.ID - Daun kemangi (Ocimum basilicum) merupakan salah satu tanaman herbal yang telah lama digunakan dalam pengobatan tradisional. Daun ini memiliki rasa yang segar dan aromatik, serta memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Berikut ini adalah penjelasan lebih lanjut tentang manfaat daun kemangi:

1. Meningkatkan imunitas

Daun kemangi mengandung senyawa antioksidan yang kuat, seperti vitamin C, vitamin A, dan flavonoid. Antioksidan ini dapat membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas, yang dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti kanker, penyakit jantung, dan stroke.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Phytotherapy Research pada tahun 2011 menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat meningkatkan aktivitas sel darah putih, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan tubuh.

BACA JUGA:Tak Disangka, Ternyata Ada 8 Keistimewaan Bagi Orang yang Suka Memberi Makan Kucing

2. Mencegah penuaan

Daun kemangi juga mengandung senyawa polifenol yang dapat membantu mencegah penuaan. Senyawa ini dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Journal of the Science of Food and Agriculture pada tahun 2013 menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet (UV).

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Daun kemangi mengandung serat yang dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Serat juga dapat membantu mengikat racun di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui feses.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition Research pada tahun 2012 menunjukkan bahwa ekstrak daun kemangi dapat membantu meningkatkan motilitas usus, yang dapat membantu melancarkan pencernaan.

BACA JUGA:Jokowi Minta Kades Jaga Perputaran Uang Dana Desa di Desanya Masing-masing

4. Membantu menurunkan berat badan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: