Selain Nikmat untuk Jus, Air Rebusan Jambu Biji Juga Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Apakah Kamu Suka?

Selain Nikmat untuk Jus, Air Rebusan Jambu Biji Juga Sangat Bermanfaat Bagi Kesehatan, Apakah Kamu Suka?

Manfaat daun jambu biji yang bisa dijus atau direbus--

RADARUTARA.ID - Jambu biji, dengan kelezatan buah tropisnya, sering kali dianggap sebagai tambahan lezat dalam diet sehat. Namun, apa yang mungkin jarang diketahui adalah potensi luar biasa yang terkandung dalam air rebusan daun Jambu biji.

Menyajikan buah yang rendah kalori dan tinggi serat, jambu biji juga merupakan sumber antioksidan, vitamin C, kalium, dan mineral yang mendukung kesehatan tubuh, demikian seperti dikutip dari Web MD.

Namun, mari kita kupas lebih dalam mengenai enam manfaat luar biasa yang dapat Anda dapatkan dari minum air rebusan jambu biji secara teratur.

1. Membantu Menurunkan Kadar Gula Darah

Healthline melaporkan bahwa bukti-bukti menunjukkan jambu biji dapat meningkatkan kontrol gula darah. Studi pada manusia menunjukkan bahwa minum air rebusan daun jambu biji dapat menurunkan kadar gula darah setelah makan. Kabar baiknya, hasil ini dapat memberikan manfaat signifikan bagi penderita diabetes atau yang memiliki risiko serupa.

BACA JUGA:Apa Kamu Tahu? Meski Berkhasiat Luar Biasa, 4 Kelompok Ini tak Dianjurkan untuk Minum Air Rebusan Daun Salam

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Manfaat rutin minum air rebusan daun jambu biji juga mencakup penurunan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Ekstrak daun jambu biji terkait dengan penurunan tekanan darah, menurunkan kolesterol LDL, dan meningkatkan kolesterol HDL (kolesterol baik). Hal ini memiliki potensi untuk melindungi terhadap risiko penyakit jantung dan stroke.

3. Meringankan Gejala Menstruasi

Wanita yang mengalami dismenore, suatu kondisi menstruasi yang menyakitkan, dapat menemukan bantuan dalam air rebusan daun jambu biji. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak daun jambu biji dapat mengurangi intensitas nyeri kram menstruasi. Tambahan ini menjadi solusi alami untuk mengatasi ketidaknyamanan selama periode menstruasi.

4. Mendukung Kesehatan Pencernaan

Studi menunjukkan bahwa air rebusan jambu biji dapat membantu mendukung kesehatan pencernaan. Ekstrak daun jambu biji diketahui dapat mengurangi intensitas dan durasi diare. Sifat antimikroba yang dimilikinya juga dapat membantu menetralkan mikroba berbahaya di usus, mengatasi penyebab umum diare.

BACA JUGA:Bagaimana Keberuntungan Pemilik Weton Dunyo Sugih Dunyo yang Disebut Sebagai Weton Tertinggi dalam Budaya Jawa

5. Memiliki Sifat Antikanker

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: