Kenapa Potong Kuku Dianjurkan di Hari Jumat? Ternyata ini Hukum dan Tata Caranya Menurut Islam

Kenapa Potong Kuku Dianjurkan di Hari Jumat? Ternyata ini Hukum dan Tata Caranya Menurut Islam

Alasan potong kuku harus di hari Jumat--

RADARUTARA.ID- Ada beberapa amalan yang dianjurkan kepada umat Islam di hari Jumat. Salah satunya adalah memotong kuku

Dilansir dari laman resmi Nadhatul Ulama (NU) bahwa, dalam pandangan fikih, memotong kuku hukumnya adalah sunah. Namun dari sisi medis, memotong kuku merupakan soal menjaga kebersihan dan kesehatan. 

Lalu, kenapa memotong kuku dianjurkan lebih baik di hari Jumat?

Anjuran memotong kuku pada hari Jumat ada di dalam hadits yang diriwayatkan Rasulullah SAW. Untuk mengetahui penjelasan terkait anjuran potong kuku di hari Jumat, berikut ini penjelasannya. 

BACA JUGA:Ajaib, Infus Water dari Dua Bahan Ini Bisa Mengeluarkan Asam Urat Melalui Urine., Selamat Tinggal Obat Kimia

Memotong kuku pada hari Jumat dalam satu hadits diriwayatkan, bahwa waktu yang paling utama untuk memotong kuku adalah di hari Jumat. 

وَيُسَنُّ غَسْلُ رُءُوسِ الْأَصَابِعِ بَعْدَ قَصِّ الْأَظْفَارِ لِمَا قِيلَ إنَّ الْحَكَّ بِهِ قَبْلَ الْغُسْلِ يُورِثُ الْبَرَصَ وَالْأَوْلَى فِي قَصِّهَا أَنْ يَكُونَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَوْ الْخَمِيسِ أَوْ الِاثْنَيْنِ

Artinya: "Disunnahkan mencuci ujung-ujung jari setelah dipotong kukunya karena ada yang mengatakan bahwa menggaruk-garuk sebelum dicuci akan menyebabkan penyakit kusta. Yang utama memotong kuku dilakukan pada hari Jumat, Kamis atau Senin," (Lihat Sulaiman Al-Jamal, Hasyiyatul Jamal, Beirut-Dar al-Fikr, juz III, halaman 361).

Pandangan yang sama turut disampaikan oleh Imam Nawawi Rahimahullah, dimana dikutip dari laman NU Jawa Timur. Dikatakan oleh "Imam Syafi'i dan para ulama Mazhab Syafi'iyah Rahimahumullah menegaskan, dianjurkan memotong kuku dan mencukur rambut-rambut di badan (kumis dan bulu kemaluan) pada hari Jumat". (Al-Majnu' Syarah Al-Muhadzdzab, 1:287).

BACA JUGA:Tembok Lembap dan Mengelupas? Jangan Khawatir, Coba Lakukan 5 Cara ini

Selanjutnya, Al-Hafizh Ibnu Hajar Rahimahullah pernah memberikan keterangan, "Imam Ahmad bin Hanbal pernah ditanya tentang memotong kuku. Beliau menjawab, "Dianjurkan untuk dilakukan di hari Jumat, sebelum matahari tergelincir".

Meskipun begitu, bukan berarti bahwa seseorang tidak diperbolehkan untuk memotong kuku di hari-hari lain. Ini disampaikan oleh Buya Yahya dalam sebuah video kajian melalui kanal YouTube Al-Bahjah TV dilihat detikSulsel pada Jumat  13 Oktober 2023.

Buya Yahya mengatakan, bahwa memotong kuku adalah sunnah dan bisa dilakukan kapan saja.

"Potong kuku adalah sunnah. Potong Kapan saja," terang Buya Yahya.

"Cuman dihimbau kalau bisa setiap sepekan sekali, setiap Jumat," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: