5 Fakta Menarik Cauliflower Ear, Telinga Mirip dengan Kembang Kol

5 Fakta Menarik Cauliflower Ear, Telinga Mirip dengan Kembang Kol

5 Fakta Menarik Cauliflower Ear, Telinga Mirip Dengan Kembang Kol--

RADARUTARA.ID - Cauliflower ear merupakan kondisi kelainan bentuk telinga yang terjadi karena trauma akan benda tumpul. Kondisi seperti ini sangat sering terjadi pada petinju, pegulat, dan seniman bela diri. Tetapi, siapa saja juga mempunyai risiko mengalami cedera yang memicu kondisi tersebut.

Lantas apa saja penyebab dan fakta penting lainnya tentang cauliflower ear? Berikut ini penjelasan lengkapnya.

1. Petinju dan pegulat rentan mengalami cauliflower ear

Cauliflower ear biasanya akan lebih sering dialami oleh petinju, pegulat, dan seniman bela diri. Hal ini lantaran cauliflower ear bisa terjadi akibat adanya cedera atau trauma pada bagian telinga.

Lantas, bagaimana cauliflower ear bisa terjadi? Kulit yang menutupi telinga membawa darah ke tulang rawan. Ketika mengalami cedera telinga, kulit bisa terpisah dari tulang rawan yang membentuk telinga.

Saat kondisi ini terjadi, maka suplai darah bisa terganggu yang memicu hematoma. Saat luka bisa disembuhkan, telinga akan terlipat ke dalam dan membuatnya menjadi keriput mirip dengan kembang kol.

BACA JUGA:Apakah Aman Bersihkan Kotoran Telinga Dengan Terapi Ear Candle? Ini Jawabannya

2. Berisiko alami gangguan pendengaran hingga penglihatan

Umumnya, setelah mengalami cedera atau trauma, ada beberapa gejala yang sering terjadi pada pengidap cauliflower ear, seperti telinga yang kemerahan dan daun telinga yang mengalami memar. 

Bahkan, telinga juga bisa mengalami perdarahan, nyeri, sampai bunyi pada telinga yang akan mengganggu. Itu sebabnya, segera konsultasikan pada dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat saat mengalami gejala tersebut. 

Kalau kelainan bentuk telinga ini tidak cepat diatasi dengan baik, kondisi ini bisa meningkatkan risiko kehilangan pendengaran secara permanen, sakit kepala, sampai pandangan menjadi rabun.

3. Pertolongan pertama untuk mencegah komplikasi permanen

Ketika menuju ke rumah sakit, kamu bisa memberikan pertolongan pertama pada korban cedera telinga. Kompres dingin bagian telinga yang terkena cedera sekitar 15 menit. Lalu, lepaskan kompres sekitar 15 menit, dan ulangi sampai penanganan medis bisa dilakukan.

BACA JUGA:Tak Disangka Walau Sudah Zaman Modern, Ternyata Banyak Pria Lebih Memilih Janda Daripada Gadis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: