Apakah Aman Bersihkan Kotoran Telinga Dengan Terapi Ear Candle? Ini Jawabannya

Apakah Aman Bersihkan Kotoran Telinga Dengan Terapi Ear Candle? Ini Jawabannya

Apakah Aman Bersihkan Kotoran Telinga Dengan Terapi Ear Candle? Ini Jawabannya--

RADARUTARA.ID - Telinga merupakan salah satu organ paling penting di dalam tubuh yang bisa mendeteksi atau mengenal suara. Telinga juga memiliki peran dalam keseimbangan serta posisi tubuh. Jadi, pembersihan secara berkala sangat dibutuhkan demi menjaga fungsinya agar tetap baik.

Ear candle adalah teknik membersihkan telinga dengan menggunakan sebuah lilin berongga yang berbentuk kerucut yang dimasukkan ke dalam lubang telinga.

Lilin ini bukanlah lilin sembarangan, lilin ini dibuat dari linen yang dilapisi oleh sarang tawon, dan parafin. Lilin ini memiliki panjang sekitar 20 cm yang mengandung chamomile dan sage yang dipercaya mampu memberikan efek relaks bagi si penggunanya.

BACA JUGA:Begini Cara Membuat Sirup Jeruk Kalamansi, Salah Satu Oleh-oleh Khas Bengkulu

Bagi seseorang yang ingin melakukan ear candle, wajib berbaring menyamping. Lalu sisi yang mengerucut pada lilin dimasukkan ke dalam telinga, kemudian bakar pada sisi sebelahnya.

Umumnya, perawatan ini berlangsung sekitar 10 menit. Lalu, lilin dimatikan dan di bagian yang mengerucut pada lilin umumnya terdapat kotoran yang berhasil diangkat dari dalam telinga kamu.

Jangan anggap sepele perawatan yang satu ini, kalau sampai salah, kamu bisa saja mengidap gangguan pada telinga. Sebelum mencobanya, alangkah baiknya kenali bahayanya terlebih dulu. Bahaya ear candle, seperti berikut ini:

BACA JUGA:Bukan Sit Up atau Push Up, Ini Cara Mudah untuk Menghilangkan Lemak Perut

1. Abu lilin masuk ke dalam telinga. Hal ini umumnya akan menyebabkan hilangnya pendengaran sementara.

2. Luka bakar di telinga bagian dalam.

3. Adanya penyumbatan telinga oleh lelehan lilin. Kalau hal ini sampai terjadi kamu wajib menempuh prosedur operasi untuk mengeluarkan lelehan lilin.

4. Adanya kerusakan atau berlubangnya gendang telinga.

Menggunakan terapi ear candle ini juga bisa membahayakan daerah pada sekitar telinga, mulai dari muka, kulit kepala, hingga rambut. Mengingat lebih banyak risikonya daripada manfaatnya, menggunakan terapi ear candle sejauh ini sangat tidak dianjurkan.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: