Begini Cara Membuat Sirup Jeruk Kalamansi, Salah Satu Oleh-oleh Khas Bengkulu

Begini Cara Membuat Sirup Jeruk Kalamansi, Salah Satu Oleh-oleh Khas Bengkulu

Begini Cara Membuat Sirup Jeruk Kalamansi, Salah Satu Oleh-oleh Khas Bengkulu--

RADARUTARA.ID - Sirup kalamansi adalah minuman khas Kota Bengkulu. Sirup ini dibuat dari jeruk kalamansi pilihan yang di olah dengan gula pasir.

Bukan hanya rasanya yang segar, minuman ini memiliki manfaat salah satunya yakni memperlancar sirkulasi darah dan banyak mengandung gizi. Cara membuatnya juga cukup gampang sehingga kamu bisa membuatnya sendiri di rumah. 

Jeruk kalamansi merupakan jenis buah jeruk yang berkembang pesat di Kota Bengkulu, memiliki harum yang khas, dengan cita rasa yang asam saat sudah masak, dan pahit saat masih mentah.

Jeruk kalamansi mempunyai dua jenis yang umumnya dibedakan dari warna kulitnya, yakni jenis yang disebut dalam nama ilmiah Citrofortunella microcarpa berwarna kuning kehijauan atau seperti gradasi, ada bagian yang kuning dan pada beberapa tempat ada warna hijau, dan yang kedua, yang disebut dengan Citrofortunella mitis umumnya mempunyai warna kuning yang mencolok.

BACA JUGA:Ketiak Bau dan Menghitam? Jangan Khawatir, Olahan Buah-buahan ini Bisa Jadi Solusi Tanpa Bantuan Scrub Oatmeal

Bahan-bahan yang dibutuhkan:

- 500 gram jeruk Kalamansi

- 2 gelas air

- 2 gelas gula

 Cara membuat:

1. Cuci jeruk kalamansi sampai bersih, kemudian potong-potong.

2. Jeruk diperas dan disaring airnya. Kulit dan bijinya dibuang.

3. Campurkan air jeruk dan tambahkan gula dalam satu wadah, dengan perbandingan antara gula dengan banyaknya air jeruk sekitar 2:1. Sementara air dan air jeruk sebanyak 2:1.

4. Masak sekitar 15 menit sembari sesekali diaduk. Kemudian matikan api dan dinginkan sirup selama semalam atau 24 jam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: