Terungkap! Ternyata ini Alasan Kenapa Tuyul Tak Mencuri Uang di Bank

Terungkap! Ternyata ini Alasan Kenapa Tuyul Tak Mencuri Uang di Bank

Terungkap!! Ternyata ini Alasan Kenapa Tuyul Tak Mencuri Uang di Bank--

Karena kental dengan pandangan mistik,.maka para petani memandang pencurian itu berkat kerja sama orang kaya dengan makhluk halus dan kasat mata. Salah satu mahluk halus yang dimaksud adalah tuyul. Bentuknya hantu berbadan kecil dan botak hingga bisa dipelihara.  

BACA JUGA:Kumpulan HP yang Akan Menjadi Tren di Tahun 2024, Ada Merk Google sampai Xiaomi

Dari situlah, para petani yang iri selalu menuduh orang kaya baru menggunakan cara haram dalam memperoleh kekayaan. Akibat tuduhan ini, tulis Ong Hok Ham dalam buku lain berjudul Dari Soal Priayi sampai Nyi Blorong (2002), membuat pedagang dan pengusaha sukses kehilangan status di masyarakat.

Mereka dianggap "hina" karena memupuk kekayaan dari cara haram yakni bersekutu dengan setan. Padahal semua, itu bisa terjadi akibat perubahan kebijakan kolonial Belanda yang membuat pengusaha tertimpa durian runtuh.

Dan akibatnya, terjadi perubahan transaksi barang oleh orang kaya. Orang kaya cenderung membeli barang yang tidak menunjukkan kekayaan mereka sesungguhnya, seperti emas atau barang-barang mewah. Apabila mereka membeli tanah atau rumah, maka mereka akan dituduh memelihara setan atau tuyul oleh petani.

Tuduhan tak berdasar ini lah, yang membuat popularitas tokoh tuyul sebagai subjek mistis dalam hal kekayaan semakin meningkat dan terus populer sampai saat ini di Indonesia. Terlebih, masyarakat Indonesia yang selama bertahun-tahun hidup secara agraris, makin melanggengkan imajinasi dan tuduhan menggunakan tuyul.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: