Ini Alasan Kenapa Malam 1 Suro Tidak Boleh Keluar Rumah

Ini Alasan Kenapa Malam 1 Suro Tidak Boleh Keluar Rumah

Ini Alasan Kenapa Malam 1 Suro Tidak Boleh Keluar Rumah--

RADARUTARA.ID - Malam 1 Suro sangat identik dengan banyak pantangan. Salah satu pantangannya yaitu tidak boleh keluar rumah. Kenapa tidak boleh keluar rumah pada malam 1 Suro?

Malam 1 Suro adalah malam pergantian tahun dalam kalender Jawa yang kerap diwarnai dengan banyak ritual dan kepercayaan. Salah satu yang paling terkenal yaitu larangan keluar rumah pada malam tersebut.

Tradisi ini sangat kental di kalangan masyarakat Jawa dan kerap dihubungkan dengan bermacam mitos dan kepercayaan mistis. Tetapi, apa sebenarnya alasan di balik larangan ini? Berikut ini penjelasannya.

1 Suro merupakan bulan pertama dalam kalender Jawa yang bertepatan dengan bulan Muharram pada kalender Hijriah. Tradisi Jawa mempunyai kepercayaan bahwa di malam 1 Suro, energi gaib dan kekuatan supranatural sangatlah kuat. Hal ini dipercayai lantaran di malam tersebut makhluk halus dan roh leluhur dikatakan sedang berkeliaran di bumi.

BACA JUGA:Cepat Sembunyi, 4 Weton Ini Jadi Incaran Sengkolo di Malam 1 Suro 2024

Larangan keluar rumah di malam 1 Suro banyak dihubungkan dengan kepercayaan bahwa di malam tersebut adalah waktu bagi para makhluk halus untuk "berkeliaran". Masyarakat Jawa percaya bahwa gangguan makhluk halus lebih mungkin terjadi pada malam ini, sehingga dianjurkan untuk tidak keluar rumah agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Malam 1 Suro juga merupakan waktu yang tepat untuk melakukan berbagai ritual, mulai dari tirakatan (bermeditasi atau berdoa semalam suntuk), jamasan pusaka (membersihkan benda pusaka), hingga menggelar wayang kulit atau pertunjukan seni lainnya.

Ritual-ritual ini bukan cuma untuk menghormati leluhur saja, namun juga meminta perlindungan dan berkah di tahun yang baru.

BACA JUGA:Ini 4 Puasa Sunnah yang Bisa Diamalkan Selama Bulan Muharram

Dari sisi psikologis, larangan ini dapat dilihat sebagai cara masyarakat untuk mengajarkan sikap disiplin dan introspeksi. Malam pergantian tahun kerap dianggap sebagai waktu yang tepat untuk merenung hingga memperbaiki diri.

Larangan keluar rumah memaksa individu untuk tetap di rumah, berkumpul bareng keluarga, dan merenungi perjalanan hidup yang sudah dilalui selama setahun terakhir.

Walaupun banyak generasi muda yang mungkin melihat larangan ini sebagai sesuatu yang kuno atau tidak relevan, penting untuk memahami kalau tradisi ini mempunyai nilai historis dan budaya yang mendalam. Menghargai serta melestarikan tradisi merupakan bagian dari menjaga identitas budaya.

Nah, itu dia penjelasan tentang kenapa malam 1 Suro tidak boleh keluar rumah. Larangan keluar rumah di malam 1 Suro bukanlah hanya sekadar mitos tanpa berdasar.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: