Jangan Sembarangan, Begini Aturan Minum Susu UHT Bagi Anak

Jangan Sembarangan, Begini Aturan Minum Susu UHT Bagi Anak

Jangan Sembarangan, Begini Aturan Minum Susu UHT Bagi Anak--

RADARUTARA.ID - Ada banyak sekali jenis susu yang dijual di pasaran. Terutama, Susu UHT menjadi salah satu yang paling sering disukai. Tetapi, bagaimana aturan mengkonsumsi Susu UHT bagi anak?

Katanya, susu UHT tidak boleh sembarang diberikan kepada anak-anak.

Maka dari itu, mari simak bersama aturan jelas mengenai susu UHT dan dampaknya bagi kesehatan. UHT adalah singkatan dari Ultra High Temperature, merupakan susu yang sudah diproses pada suhu ultra cukup tinggi.

Sterilisasi dilakukan sesudah melalui pemanasan yang tinggi dengan suhu mencapai sekitar 135 derajat Celsius. Setelah itu, penyimpan susu akan dilakukan didalam kulkas dengan suhu yang rendah.

BACA JUGA:Viral, Pelajar di Bengkulu Utara Dikeroyok Hingga Pingsan dan Muntah Darah

Tentunya, proses yang lebih ribet ini diperuntukkan supaya semua mikroorganisme yang ada didalam susu mentah akan terbunuh.

Ketika dikemas ke dalam wadah higienis, susu UHT mempunyai masa simpan berbulan-bulan dan tidak perlu didinginkan sampai kemasan dibuka.

Umumnya, aturan minum susu UHT bisa dikatakan lebih lama dan awet dibanding dengan susu segar biasanya. Perlu diketahui, bahwa susu UHT berbeda dengan susu pasteurisasi. Jadi bagaimana aturan minum susu UHT?

Biasanya, ASI diberikan untuk memenuhi nutrisi Si Kecil sejak dini. Dikenal pula sebagai ASI eksklusif, hal ini lantaran pemberian ASI dilakukan ketika usia 6 bulan pertama anak lahir.

BACA JUGA:Harganya Selangit, Ini Barang-barang yang Hanya Dimiliki Oleh Kaum Sultan

Walaupun begitu, tak semua ibu menyusui bisa dengan lancar memberikan ASI untuk anak mereka. Pasalnya hal ini, membutuhkan beberapa nutrisi tambahan contohnya seperti pemberian susu UHT.

Tetapi, apakah boleh anak minum susu UHT?

Susu UHT tidak dipertuntukkan bagi anak usia di bawah 1 tahun. Tetapi boleh diberikan saat si Kecil beranjak usia 1-2 tahun ke atas.

Idealnya sesudah usia di atas 1 tahun, aturan minum susu UHT yang diberikan cuma maksimal 500ml per harinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: