Pakar Gizi Ungkap Perbandingan Antara Susu UHT dengan Susu Formula untuk Anak, Mana yang Lebih Baik?

Pakar Gizi Ungkap Perbandingan Antara Susu UHT dengan Susu Formula untuk Anak, Mana yang Lebih Baik?

Pakar Gizi Ungkap Perbandingan Antara Susu UHT dengan Susu Formula untuk Anak, Mana yang Lebih Baik?--

RADAR UTARA ID- Susu sapi bersumber dari protein hewani dengan nutrisi lengkap hingga bisa mengurangi risiko penyakit. 

Bahkan, susu ini memiliki peran sangat penting untuk mendorong masa pertumbuhan anak karena memiliki kandungan asam amino yang berpengaruh pada kecerdasan anak. 

Maka dari, itu ditengah berbagai jenis susu yang ada saat, ini masyarakat memerluka edukasi supaya bisa memaksimalkan nutrisi susu. Saat, ini ada beragam jenis susu dengan berbagai manfaat seperti susu UHT, susu pertumbuhan dan ASI. 

ASI eksklusif tentu menjadi pilihan bagi banyak orang tua, khususnya selama anak mereka berusia 6 bulan. Ini, dikarenakan ASI mengandung berbagai vitamin, zat besi, mineral dan protein yang lengkap untuk tumbuh kembang anak. 

BACA JUGA:Pantas Banyak Korban Baper, 5 Zodiak Ini Ternyata Memang Jago Banget Bikin Kangen

Tapi, ada juga beberapa orang orang tua yang masih memberikan susu formula untuk sang anak yang masih berusia di atas satu tahun apa bila dibandingkan dengan susu segar atau UHT. Ini, juga dijelaskan oleh dr Juwalita Suplrapsari, M Gizi, Sp.GK pada acara yang digelar oleh Sarihusada. 

“Kalau kita bicara ASI, ASI adalah superfood untuk bayi usia 0-6 bulan jadi mutlak, itu yang paling sesuai kebutuhan bayi sampai 6 bulan,” ungkap dokter, Juwalita pada acara bertema Pentingnya Cek Nutrisi untuk Dukung Tumbuh Kembang Maksimal Anak di Menteng, Jakarta Pusat.

Padahal, jika dibandingkan antara ASI, susu UHT, dan susu pertumbuhan, dr Juwalita, justru mengimbau, bahwa yang seharusnya dicermati setelah ASI eksklusif. Dimana orang tua wajib memberikan MPASI yang berkualitas atau cukup gizi guna mendorong pertumbuhan anak dengan susu. 

“Sesuai dengan hari gizi nasional, mpasi yang berkualitas adalah kaya protein hewani. Pemenuhan mineral itu dari apa aja sih sebetulnya. Jadi, memberikan edukasi tentang mpasi juga harus kenceng supaya anak ini bisa melalui masa transisi yang tadinya hanya ASI sampai akhirnya dia bisa makan padat dengan baik,” jelasnya. 

BACA JUGA:KPK OTT 10 Orang di Lingkungan Sidoarjo, Ada yang Berstatus ASN, Begini Kronologisnya

Di sisi lain, Dr. dr. Ray Wagiu Basrowi, MKK, mengungkapkan,  bahwa susu pertumbuhan yang baik adalah yang mengandung IronC atau kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C. Karena, berdasarkan penelitian anak yang mengkonsumsi susu tersebut bisa tumbuh kembang optimal.

“Dalam penelitian kami dengan FKUI, anak-anak yang mengonsumsi ironC terbukti dapat mencukupi kandungan zat besinya, mencegah anemia, dan memastikan tumbuh kembangnya lebih baik dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi susu pertumbuhan,” katanya. 

“Dalam momentum Hari Gizi Nasional, kami harapkan bisa lebih banyak lagi masyarakat yang teredukasi tentang pola makan dengan gizi seimbang dalam upaya mencegah anemia dan stunting agar anak-anak Indonesia dapat tumbuh dengan maksimal untuk jadi anak generasi maju,” tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: