Heboh di TikTok! Mengkonsumsi Susu Kedelai Disebut Miliki Manfaat yang Besar untuk Wanita, Apa Benar?

Heboh di TikTok! Mengkonsumsi Susu Kedelai Disebut Miliki Manfaat yang Besar untuk Wanita, Apa Benar?

Heboh di TikTok! Mengkonsumsi Susu Kedelai Disebut Bisa Membesarkan Payudara, Apa Benar?--

RADARUTARA.ID- Jenis-jenis susu ada banyak sekali dijual di pasaran. Ada yang fresh milk, susu kambing, susu kedelai, sampai oat milk. Tentu saja, yang kita konsumsi disesuaikan dengan selera kita.

Sempat heboh di TikTok, anggapan sering meminum susu kedelai bisa memperbesar payudara. Hal ini berawal dari salah satu warganet yang menyebutkan kalau ukuran branya naik satu tingkat sesudah kebiasaannya mengkonsumsi susu kedelai

Tetapi apa benar, hanya dengan rutin meminum susu kedelai bisa membesarkan payudara? Simak penjelasannya dari dokter berpengalaman berikit ini.

Dari akun TikToknya, dr. Kevin Mak mengungkapkan kalau susu kedelai tidak bisa membesarkan payudara, atau dengan kata lain anggapan yang ramai tersebut cuma sebatas mitos belaka. 

BACA JUGA:Berbagai Manfaat Kacang Kedelai Bagi Kesehatan Tubuh, Bagus untuk Kaum Wanita

dr. Kevin mengungkapkan dalam minuman susu kedelai memang benar adanya mengandung hormon perempuan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan. 

"Minuman dari susu kedelai itu bisa mengandung yang namanya phytoestrogen, yakni estrogen alias hormon wanita yang berasal dari tumbuh-tumbuhan," kata dr. Kevin Mak.

Tetapi, meski adanya phytoestrogen tersebut, jumlahnya tidak cukup banyak dan kurang efektif untuk membesarkan payudara.

"Namun meski banyak orang percaya bisa membesarkan payudara, kadar phytoestrogen dalam susu kedelai itu tidak cukup banyak dan tidak cukup efektif berdasarkan penelitian untuk membesarkan payudara," ujar dr. Kevin.

BACA JUGA:Resep Sate Kambing Empuk dan Bumbu Meresap ala Warung Lesehan Arga Makmur

Mau mengkonsumsi sebanyak apapun, dr. Kevin menjelaskan susu kedelai tidak akan membuat payudara menjadi lebih besar.

"Jadi mau minum satu botol, dua botol, seliter, dua galon tidak akan membuat payudara jadi lebih besar ya," sambungnya. 

Selain itu, dr. Kevin juga mengungkap kalau ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa dengan rutin meminum susu kedelai malah bisa menurunkan risiko terjadinya kanker payudara.

"Meskipun ada beberapa penelitian juga yang menunjukkan kalau konsumsi susu kedelai seperti ini busa menurunkan risiko untuk terjadinya kanker payudara," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: