Kades di Ulok Kupai Dukung Peningkatan Status Puskesmas Tanjung Harapan Menjadi Rawat Inap

Kades di Ulok Kupai Dukung Peningkatan Status Puskesmas Tanjung Harapan Menjadi Rawat Inap

Ilustrasi Puskesmas--

RADARUTARA.ID- Dipastikan, 10 desa di Kecamatan Ulok Kupai, Kabupaten Bengkulu Utara memberikan dukungan penuh terhadap peningkatan status pelayanan kesehatan di lingkungan Puskesmas Tanjung Harapan menjadi rawat inap.

Dukungan, ini diberikan seiring dengan tingginya tingkat kunjungan pasien di Puskesmas Tanjung Harapan dan kebutuhan masyarakat di Kecamatan Ulok Kupai dalam menjangkau fasilitas kesehatan milik pemerintah di tingkat pertama. 

"Kunjungan pasien dan kebutuhan masyarakat untuk menjangkau fasilitas kesehatan milik pemerintah di tingkat pertama yakni, Puskesmas lumayan tinggi. Sehingga kami menilai perlu, pemerintah daerah menaikan status Puskesmas Tanjung Harapan di Kecamatan Ulok Kupai ini menjadi rawat inap," ungkap Kades Tanjung Sari, Elson Agus Fitriadi.

BACA JUGA:Selain Diberi Asuransi Kematian, KPU Juga Tambah Honor KPPS dan Linmas, Segini Besarannya

Dikatakan Elson, selama ini masyarakat yang membutuhkan perawatan medis secara berjenjang harus ke Puskesmas Perawatan Napal Putih atau ke beberapa klinik swasta bahkan, harus lari ke RSUD Lagita.

"Selama ini untuk mendapatkan perawatan kita harus ke Napal Putih, klinik swasta bahkan langsung ke RSUD. Ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Nah untuk memotong rentan kendali, ini maka kami mengusulkan dan mendesak kepada pemerintah daerah untuk meningkatkan status pelayanan di Puskesmas Tanjung Harapan menjadi rawat inap," pintanya.

Terpisah Kepala Puskesmas (Kapus) Tanjung Harapan, Harmen, SKM, mengakui tingginya permintaan untuk menaikan status pelayanan Puskesmas Tanjung Harapan, ini menjadi rawat inap. Harmen, pun sepakat atas desakan yang disampaikan oleh sebagian besar desa di wilayah kerjanya itu.

"Sudah menjadi kebutuhan masyarakat dan menjadi tantangan bagi kami untuk meningkatkan pelayanan. Sehingga kita sepakat dengan usulan peningkatan status pelayanan di Puskesmas kita menjadi rawat inap," ujar Harmen.

BACA JUGA:Salah Satu Air Terjun Paling Indah di Indonesia, Curug Sembilan Masih Menjadi Wisata Andalan Bengkulu Utara

Lebih jauh, Harmen, mengatakan, dari sisi kesiapan secara internal pihaknya mengaku siap untuk mengikuti tahapan-tahapan yang harus ditempuh dalam mendukung peningkatan status rawat inap tersebut.

"Dari tenaga medis yang kita miliki saat ini sudah cukup. Ditambah rencana pemerintah daerah di TA 2024 yang akan merealisasikan gedung protoype. Tentunya jika pembangunan gedung prototyp itu jadi direalisasikan. Bangunan lama bisa kita fungsikan untuk rawat inap. Dan ini sudah menjadi modal kita untuk mendukung pelayanan rawat inap," demikian Harmen.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: