Ahli Jantung Asal Jepang Ungkap 6 Rahasia Memiliki Umur yang Panjang, Bisa Sampai 95 Tahun?

Ahli Jantung Asal Jepang Ungkap 6 Rahasia Memiliki Umur yang Panjang, Bisa Sampai 95 Tahun?

Ahli Jantung Asal Jepang Ungkap 6 Rahasia Memiliki Umur yang Panjang, Bisa Sampai 95 Tahun?--

RADARUTARA.ID - Hidup panjang umur merupakan impian bagi beberapa orang. Tetapi, berumur panjang bahkan sampai lebih dari 100 tahun merupakan hal yang biasa bagi masyarakat Jepang.

Salah seorang warga Osaka, Jepang yang juga menjadi ahli jantung dengan 95 tahun mengaku hidup bahagia dan sehat walaupun sudah berumur hampir satu abad. Ternyata, kakek ini mempunyai delapan rutinitas yang menjadikannya panjang umur.

Apa sajakah itu? Berikut ini delapan rutinitas rahasia panjang umur ala ahli jantung asal Jepang tersebut:

BACA JUGA:Kebun Teh Kayu Aro, Peninggalan Belanda di Gunung Kerinci

1. Rutin Jalan Pagi

Setiap hari sang ahli jantung tersebut selalu bangun pagi. Mulai daei pukul 5 pagi, dirinya sudah mulai berjalan-jalan di lingkungan sekitar rumah selama 30 menit sampai satu jam dengan total 7000 langkah.

2. Rutin Berolahraga Ringan

Setelah berjalan, ahli jantung tersebut melanjutkan aktivitasnya dengan berolahraga ringan, yaitu melakukan peregangan dan melatih kekuatan serta keseimbangan.

Sebenarnya, olahraga yang dipilih berdasarkan kemampuan dan kebutuhan untuk memastikan agar tetap aktif tanpa ada yang membebani tubuhnya.

BACA JUGA:Arab Saudi Tawarkan Beasiswa untuk S2 dan S3, dari Kuliah Gratis sampai Tunjangan Bulanan

3. Merawat Hubungan dengan Orang Tercinta 

Setelah berolahraga, dirinya selalu menyempatkan diri untuk membuka Facebook dan Instagram. Selain bersosialisasi dengan keluarga, mereka menggunakan sosmed untuk meningkatkan kesejahteraan emosional.

Ada sebuah studi menemukan bahwa isolasi sosial pada orang lanjut usia (lansia) akan menyebabkan tingkat kesepian yang tinggi, temasuk di kalangan laki-laki. Itu sebabnya, menggunakan sosmed bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari rasa kesepian.

4. Menulis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: