Rawan Banjir, Kodim 0423 Bengkulu Utara Lakukan Karya Bakti TNI dengan Penghijauan dan Penanaman Pohon

Rawan Banjir, Kodim 0423 Bengkulu Utara Lakukan Karya Bakti TNI dengan Penghijauan dan Penanaman Pohon

Penanaman pohon di kawasan Air Besi oleh jajaran Kodim 0423/BU--

AIR BESI, RADARUTARA.ID - Menyikapi persoalan banjir tahunan dan menjadi langganan, Prajurit TNI Kodim 0423 Bengkulu Utara melakukan Karya Bakti TNI dengan penghijauan dan penanaman pohon di Kecamatan AIR BESI, Jum'at (8/12/2023).

Dari laporan Babinsa yang bertugas diwilayah itu, tepatnya di Desa Tanjung Genting, Kecamatan Air Besi, Kabupaten Bengkulu Utara, salah satu desa yang rawan banjir.

Dandim 0423/Bengkulu Utara, Letkol Kav Aidil Hajri. M.Han kepada radarutara.id mengatakan bahwa kegiatan Karya Bakti TNI yang digelar serentak di Indonesia, pihaknya dibantu oleh para stake holder terkait, baik itu Polri, Pemerintah Daerah dan Kecamatan, Pemerintah Desa, Ormas dan masyarakat.

BACA JUGA:Waspadai Netralitas Kades dan Perangkat Desa, Panwascam Ajak Masyarakat Ikut Awasi Tahapan Kampanye

Kegiatan kerja bareng untuk bersih-bersih lingkungan serta program penghijauan tersebut, Letkol Kav Aidil menyampaikan, melihat kondisi di Desa Tanjung Genting memang perlu dilakukan pencegahan sejak dini, salah satunya dengan penanaman pohon disekitar sungai.

Antisipasi tersebut, Kata Dandim, diharapkan mampu mencegah terjadinya banjir, lantaran daerah tersebut merupakan daerah rawan banjir saat hujan dengan intensitas tinggi.

"Desa ini memang ada pertemuan dua aliran sungai. Sehingga pada musim penghujan, Desa Tanjung Genting ini selalu banjir, " ujar Aidil Hajri di sela-sela kegiatan penghijauan pada Jumat (8/12/2023)

BACA JUGA:Berikut Daftar Sekolah Kedinasan di Malang yang Bisa Menjadi Rekomendasi untuk Sekolah Lanjutan

Menariknya, dalam pelaksanaan Karya Bakti penghijauan tersebut, tampak antusias dari masyarakat turut mengikuti kegiatan gotong royong yang diinisiasi oleh Kodim 0423 Bengkulu pada saat penanaman pohon di area sepadan sungai di Desa Tanjung Genting. 

Dikesempatan itu juga, Dandim berpesan kepada masyarakat sekitar agar kedepannya masyarakat bisa lebih menjaga dan melestarikan alam dilingkungannya masing-masing, minimal tidak menebang pohon dan membuang sampah sembarangan.

"Mari kita jaga lingkungan kita, terutama di sepadan sungai agar bisa menjadi resapan air pada musim penghujan,"harapnya. 

BACA JUGA:Rekomendasi Lowongan Pekerjaan yang Bisa Dilakukan dari Rumah, Tak Perlu Pengalaman Bisa Dapat Gaji 2 digit!

Sementara, Karminto (40) warga Desa Tanjung Genting atas kegiatan tersebut, dirinya menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Kodim 0423 Gamas Bengkulu Utara yang telah hadir langsung ditengah-tengah masyarakat, khsusus di Desa Tanjung Genting, Bengkulu Utara. 

Selain itu ia juga menjelaskan, situasi pada musim hujan tiba, desanya merupakan lokasi yang menjadi langganan banjir akibat dari sungai yang ada di desa Tanjung Genting tersebut meluap. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: