Desember Desa Ditargetkan Sudah Tetapkan APBDes 2024

Desember Desa Ditargetkan Sudah Tetapkan APBDes 2024

APBDes--

RADARUTARA.ID- Camat Ketahun, Nasri, S.Pd, melalui Kasi PMD, Puji Widodo, meminta kepada seluruh desa di wilayah kerjanya untuk mengebut seluruh kegiatan yang berkaitan dengan serapan di TA 2023 maupun perencanaan pembangunan di TA 2024.

Desakan, ini disampaikan Puji, sesuai dengan dengan tahapan penetapan APBDes 2024 yang ditargetkan kepada seluruh desa harus rampung atau tuntas di akhir bulan Desember 2023.

"Kita minta seluruh kegiatan yang berlangsung di TA 2023 segera dituntaskan. Begitu dengan seluruh proses penyusunan perencanaan pembangunan di TA 2024 juga harus segera diselesaikan. Karena kita targetkan di akhir Desember 2023 nanti, produk APBDes 2024 seluruh desa sudah di sahkan," pintanya.

BACA JUGA:Bangkai Layang-layang Nyangkut di Jaringan Listrik dan Sebabkan Gangguan, Camat Akan Bersurat ke Kades

Diungkapkan Puji, untuk mendukung proses percepatan penetapan APBDes 2024 masing-masing desa bisa berpedoman dengan Permendagri dan Permendes yang mengatur tentang keuangan desa.

"Penyusunan APBDes sudah bisa dilakukan dengan berpedoman kepada Permendagri dan Permendes yang sudah ada. Selanjutnya nanti desa tinggal melakukan penyesuaian terhadap peraturan di daerah," pungkasnya.

Selanjutnya, sambil mempersiapkan dokumen perencanaan APBDes 2024, masing-masing desa juga diminta fokus untuk menyelesaikan tahapan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes) TA 2025.

"Jadwal sudah kita buat, Insya Allah minggu depan Musrenbangdes TA 2025 sudah kita mulai," demikian Puji.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: