Viral Ada Obat China yang Paten Mengobati Serangan Jantung Hanya Dalam 30 Hari, Begini Respon BPOM RI

Viral Ada Obat China yang Paten Mengobati Serangan Jantung Hanya Dalam 30 Hari, Begini Respon BPOM RI

Viral Ada Obat China Yang Paten Mengobati Serangan Jantung Hanya Dalam 30 Hari. Begini Respon BPOM RI--

RADARUTARA.ID - Beredar di media sosial, ada sebuah penelitian terbaru menunjukkan manfaat kapsul Tongxinluo dalam mencegah risiko serangan jantung fatal, khususnya gejala segment elevation myocardial infarction (STEMI) yang biasa dialami oleh pasien.

Gejala STEMI antara lain rasa tidak nyaman atau nyeri di dada, sesak napas, pusing, keringat dingin,mual dan muntah, jantung berdebar, dan gelisah.

Orang yang memakai kapsul Tongxinluo menunjukkan peningkatan kesehatan yang signifikan setelah 30 hari pengobatan dan satu tahun mengonsumsi kapsul pengobatan suplemen sesuai dengan pedoman pengobatan umum STEMI.

Seperti dikutip dari Medical News Today, Tongxinluo merupakan formula pengobatan tradisional Tiongkok yang telah banyak digunakan selama ribuan tahun. Senyawa ini telah menunjukkan potensi kardioprotektif dalam penelitian in vitro, pada hewan kecil dan manusia, namun belum diuji dalam penelitian yang lebih besar.

BACA JUGA:3 Sinyal Pada Mata Bisa Menjadi Pertanda Adanya Serangan Stroke, Segera Kenali Sebelum Terlambat

Pakar medis dari Pusat Penyakit Kardiovaskular Nasional Tiongkok baru-baru ini melakukan penelitian untuk menentukan apakah Tongxinluo, yang dikombinasikan dengan pengobatan sesuai dengan pedoman STEMI, dapat secara signifikan meningkatkan hasil pengobatan bagi penderita STEMI.

Dalam uji klinis selama 12 bulan terhadap 3.777 orang dengan STEMI, tim menemukan bahwa terapi tersebut berhasil mengurangi kejadian jantung dan serebrovaskular secara signifikan.

Studi ini pertama kali diterbitkan pada Oktober 2023 di JAMA.

Namun perlu diketahui bahwa obat herbal asal negeri tirai bambu ini tidak terdaftar sebagai pengobatan di BPOM RI melainkan sebagai terapi suportif bagi pasien.

BACA JUGA:Pantai Selubuk, Destinasi Wisata yang Menakjubkan di Pinggiran Bengkulu Utara

Namun pihaknya belum bisa memastikan apakah kapsul tongxinlou yang dimaksud sudah terdaftar di Indonesia.

“Kami akan melakukan pengecekan terlebih dahulu,” jelas BPOM RI dalam keterangan tertulisnya, Senin (30 Oktober 2023).

Jika kamu mencari secara online di website BPOM RI untuk nama produk kapsul tongxinlou, maka akan menemukan nomor registrasi yang terdaftar sebagai obat tradisional yang diklaim dapat membantu melancarkan peredaran darah.

Namun, belum dapat dipastikan apakah produk tersebut sama dengan produk yang diuji pada pasien STEMI. “Kalau obat herbal seperti itu biasanya untuk penunjang. Namun perlu dicek lagi ya, produk tersebut terdaftar apa belum di Indonesia,” tutup BPOM RI.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: