Punya Harta Kekayaan Puluhan Miliar, Ternyata Ini Gurita Bisnis Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Punya Harta Kekayaan Puluhan Miliar, Ternyata Ini Gurita Bisnis Cawapres Gibran Rakabuming Raka

Punya Harta Kekayaan Puluhan Miliar, Ternyata Ini Gurita Bisnis Cawapres Gibran Rakabuming Raka--

RADARUTARA.ID- Nama Gibran Rakabuming Raka kembali menarik perhatian setelah dirinya yang saat ini menjabat sebagai Walikota Solo ditunjuk sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Prabowo Subianto.

Bukan hanya proses penunjukan Gibran sebagai Cawapres yang menarik perhatian, namun ternyata segala hal mengenai dirinya mulai dikuliti oleh masyarakat banyak.

Dimana salah satunya terkait harta kekayaan penyelenggaran kekayaan KPK, pertanggal 31 Januari 2023 jumlah kekayaannya tercatat diangka Rp26,03 miliar dan tercatat sebagai harta kekayaan pribadi.

Lantas dari mana saja harta kekayaan tersebut berasal? 

BACA JUGA:Jokowi, Anwar Usman, Gibran dan Kaesang Dilaporkan ke KPK, Terjadi Dugaan Nepotisme

Seperti yang diketahui, sebelum memutuskan terjun ke dunia politik, Gibran dulunya sangat aktif di bidang bisnis terutamanya bisnis kuliner, bahkan usahanya tersebut masih terus berjalan sampai saat ini.

Salah satu usaha yang sangat terkenal dan mengangkat namanya adalah usaha Sang Pisang yang fokus dengan penjualan pisang olahan beraneka rasa dan kini kabarnya usaha ini sudah diwariskan kepada sang adik Kaesang Pangarep yang juga memiliki jiwa bisnis yang kental.

Selain itu masih ada beberapa bisnis yang masih jalan sampai saat ini, bukan hanya fokus di daerah Solo, namun beberapa usahanya sudah merambah ke Ibu Kota dan beberapa kota lainnya. Serta bisnis yang digeluti juga cukup beragam saat ini, bukan hanya fokus di kuliner, namun juga ke fashion, gadget dan platform pencari kerja.

BACA JUGA:Terungkap, Ternyata dari Sini Asal Muasal Batu di Situs Gunung Padang Jawa Barat

Berikut beberapa bisnis milik Gibran Rakabuming yang masih eksis hingga sekarang.

1. Mangkokku

Usaha ini dilakukan bersama dengan sang adik Kaesang Pangarep, Chef Arnold Poernomo dan pengusaha Randy Kartadinata.

Usaha Mangkokku ini berdiri ditahun 2019 dan ditahun 2022 mendapat suntikan dana dari Alpha JWC dan EMTEK sebesar Rp101 Miliar. 

Namun karena kesibukan Gibran di dunia Politik, saat ini usaha Mangkokku dihandle secara langsung oleh sang adik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: