Wajib Tahu! Teknik Bawang Merah dari Mahasiswa IPB ini Mampu Tingkatkan Produksi Getah Karet Mengucur Deras

Wajib Tahu! Teknik Bawang Merah dari Mahasiswa IPB ini Mampu Tingkatkan Produksi Getah Karet Mengucur Deras

Petani Karet Wajib Tahu! Teknik Bawang Merah dari Mahasiswa IPB ini Mampu Tingkatkan Produksi Getah Karet Mengucur Deras--

RADARUTARA.ID- Hampir merata di pulau Sumatera, Kalimantan dan beberapa daerah lainnya di Indonesia pendapatannya bertumpu dari hasil tanaman perkebunan. Dan komoditi Karet, adalah salah satu dari tanaman perkebunan yang dominan diminati atau populer di Indonesia setelah perkebunan Kelapa Sawit. 

Tapi sayangnya, sejak beberapa tahun terakhir ini. Pangsa getah karet di Indonesia lesu dan membuat para petani karet menjadi frustasi hingga memutar otak untuk beralih ke komoditi perkebunan kelapa sawit demi mendapatkan penghasilan minimal.

Kondisi ini terjadi selain disebabkan harga beli di tingkat pasar yang lemah, turunnya kualitas getah karet juga menjadi masalah bagi petani Karet di Indonesia dalam meningkatkan pendapatannya. 

Nah, solusi diantaranya untuk mengatasi persoalan tersebut adalah dengan meningkatkan hasil sadapan getah Karet.

BACA JUGA:Bukan Hermes atau Channel, Ini Merk yang Disukai Orang Kaya Lama atau Old Money

Baru-baru ini, mahasiswa dari Departemen Hasil Hutan Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) telah melakukan penelitian dengan mengunakan teknik pemanfaatan Bawang Merah sebagai simulator produksi pada getah tanaman karet.  

Dan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa IPB, itu membuktikan bahwa Bawang Merah bisa meningkatkan produktivitas pada tanaman Karet.

Sebagai pengetahuan, Bawang Merah ini mampu meningkatkan produksi getah pada tanaman karet karena, Bawang Merah memiliki kandungan hormon auksin. Dan sebagai informasi, untuk menghasilkan getah tanaman Karet membutuhkan auksin. Dan bisanya, kandungan auksin pada tanaman Karet yang sudah sering di sadap ini akan terus berkurang. 

Dengan bantuan Bawang Merah, ini maka kebutuhan auksin pada tanaman Karet khususnya yang sudah sering di sadap, akan tertolong. 

BACA JUGA:Dianggap Mahal di Indonesia, Ternyata 4 Merek Ini Termasuk Barang Murah di Luar Negeri

Berikut cara penggunaan auksin Bawang Merah pada tanaman Karet:

Langkah Pertama: 

Terlebih dahulu membuat sadapan baru pada pohon Karet melingkari kulit terbawah dengan ukuran 5-10 Cm dengan lebar 1 sampai 2 Cm. Selanjutnya sadapan baru yang belum terkontaminasi oleh bakteri itu akan lebih efektif saat diberikan perlakuan dengan menggunakan ekstrak bawang merah. 

Langkah Kedua:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: