Tips Agar Getah Karet di Beli dengan Harga Tinggi Oleh Pengepul

Tips Agar Getah Karet di Beli dengan Harga Tinggi Oleh Pengepul

Tips Agar Getah Karet di Beli Dengan Harga Tinggi Oleh Pengepul--

RADARUTARA.ID - Perbedaan harga jual getah karet petani di Bengkulu Utara sering kali menjadi pertanyaan oleh sejumlah masyarakat. Pasalnya, di beberapa daerah ditemukan harga jual karet cukup tinggi. Sementara, di tempat lain, harga jual karet petani cukup murah. 

Lantas kenapa hal itu terjadi dan bagaimana caranya agar getah karet bisa di beli dengan harga mahal oleh para pengepul.

Hernanto Ketua Kelompok Tani Usaha Mandiri memberikan sejumlah tips agar harga jual getah karet lebih mahal.

Pertama, pastikan getah karet tidak tercampur dengan kotoran, baik itu kulit karet (tatal), daun atau kotoran-kotoran lain.

BACA JUGA:Harga Komoditas Kopi Melejit di Bengkulu Utara, Bubuk Kopi Pun Ikut Melambung

Kedua, hindari penggunaan pupuk sebagai pembeku getah karet. Ia pun merekomendasikan, agar petani menggunakan asam semut untuk proses pembekuan getah karet. 

"Sebab, bahan pupuk bisa menurunkan kualitas rekat dari getah karet. Jadi, lebih baik menggunakan asam semut," jelasnya.

Terakhir, simpan getah karet dalam tempat penampungan selama minimal satu Minggu. Tempat penyimpanannya juga harus di tempat yang kering dan tidak terkena panas matahari. Dengan di simpan dulu selama minimal satu Minggu, maka harga getah karet akan lebih mahal. Sebab, itu masuk dalam kategori karet kering.

"Hindari penyimpanan getah karet di dalam kolam air. Sebab, itu juga menurunkan kualitas getah karet. Lebih baik simpan di tanah, atau lebih baik lagi di atas papan atau semen," bebernya.

BACA JUGA:Crazy Rich Wanita di Vietnam Dijatuhi Hukuman Mati Gegara Kasus Rp200 Triliun, Begini Faktanya

Ia pun menjelaskan, bahwa penyimpanan di atas tanah atau kolam tidak akan mempengaruhi berat dari getah karet selama masa penyimpanan.

"Jangan khawatir, getah karet itu tidak akan banyak menyusut beratnya meski di simpan di atas tanah. Jadi tidak perlu di simpan di dalam kolam air," terangnya.

Ia juga menyebut, dengan menjaga kualitas getah karet tersebut, maka getah karet dari kelompok taninya selalu mendapatkan harga jual getah karet yang cukup tinggi.

"Menjelang lebaran kemarin, kami masih bisa mendapatkan harga karet kualitas kering dengan harga Rp13.000 per kilogram," tandasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: