Belum Banyak yang Tahu, Desa Wisata Terbaik Dunia Ternyata Ada di Indonesia, Ini Profil Lengkapnya

Belum Banyak yang Tahu, Desa Wisata Terbaik Dunia Ternyata Ada di Indonesia, Ini Profil Lengkapnya

Belum Banyak Yang Tau, Desa Wisata Terbaik Di Dunia Ternyata Ada Di Indonesia , Ini Profil Lengkapnya--

RADARUTARA.ID - Apakah kamu tau bahwa Desa wisata Terbaik di Dunia ternyata ada di Indonesia Loh. Yah desa itu adalah Desa Tetebatu. Desa ini juga mewakili Indonesia di ajang World Best Tourism Village UNWTO 2021. meskipun tidak menjadi juara akan tetapi Desa ini mendapatkan predikat sebagai Desa wisata terbaik .

Lokasi Desa Tetebatu berada di wilayah kecamatan Sikur Kabupaten Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat dengan luas yang mencapai 8.095,8 Ha2 dengan jumlah penduduk sebanyak 8.654

Desa Tetebatu  juga berada di bagian selatan Gunung Rinjani dengan ketinggian yang mencapai 700/9000 mdpl. Sehingga memiliki  topografi wilayah berbukit dan oleh masyarakat dimanfaatkan untuk area persawahan, perkebunan serta pemukiman penduduk.

BACA JUGA:Hati-hati! yang Punya Istri dan Suami di Taiwan di Cek, Hari ini 35 Pasangan Pengantin Naik Ranjang

Dari ibu kota, kecamatan menuju Desa Ini jaraknya tidakla jauh. Hanya sekitar 14 Km sehingga mampu ditempuh dengan waktu sekitar 30 Menit.

Desa Tetebatu memang wajib dikunjungi, hal ini karena desa tersebut menawarkan suasana keasrian pedesan.

Mulai dari bertani, gotong royong kesejukan desa, memiliki bentang alam hijau serta pola kehidupan masyarakat setempat yang masih sangat terjaga.

Salah satu yang paling menarik dari Desa ini adalah masyarakat yang masih memegang teguh adat istiadat. Terutama yang sering dipakai pada pernikahan dan penyambutan tamu.

BACA JUGA:Kata Buya Yahya, Sebesar Apapun Kesalahan Kamu Akan Diampuni Jika Kamu Bertobat dengan Sungguh-sungguh

Biasanya yang mengatur hal ini adalah lembaga adat yang memiliki nama "Sugeng Raih", Dimana sang tokoh adat memiliki tugas menjalankan proses pernikahan mulai dari besejati, nyelabar, sorong serah, aji krama dan lainnya. 

Masyarakat disini juga memiliki mata pencaharian yakni lewat hasil pertanian dan dan perkebunan seperti padi, durian, nangka manggis dan banyak lainya.

Salah satu daya tarik ekowisata di Desa Tetebatu adalah Hutan monyet (monkey forest) yang terletak di bagian utara. Dimana saat memasuki hutan para wisatawan akan langsung disambut oleh banyaknya nyanyian merdu dari beragam jenis burung.

Daya tarik wisata selanjutnya adalah cycling tour, yakni wisatawan bisa menikmati keseluruhan potensi keragaman Desa Tetebatu dengan bersepeda santai sambil berolahraga untuk menunjang Kesehatan serta eksplorasi alam luas lereng Rinjani selatan. Selamat berlibur.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: