Tak Disangka, Ini Deretan Negara Pengekspor Senjata Terbesar di Dunia, Ada yang dari Asia?

Tak Disangka, Ini Deretan Negara Pengekspor Senjata Terbesar di Dunia, Ada yang dari Asia?

Tak Disangka, Ini Deretan Negara Pengekspor Senjata Terbesar di Dunia, Ada yang dari Asia?--

RADARUTARA.ID - Perdagangan senjata menjadi sebuah bisnis yang paling menguntungkan di saat dunia sedang penuh dengan konflik. Ada beberapa negara yang mempunyai industri persenjataan dan alutsista yang maju hingga menghasilkan cuan yang tidak sedikit, dengan cara mengekspor alat-alat pertahanan dan penghancur ini.

Berdasarkan laporan Stockholm International Peace Research Institute (SIPRI), sebesar 76% ekspor senjata selama periode 2015-2019 cuma dilakukan oleh lima negara yaitu, Amerika Serikat, Rusia, Prancis, Jerman, dan China. Ini dia jumlah lebih detailnya:

1. Amerika Serikat (AS) 

Menjadi yang teratas dalam penjualan dengan pangsa pasar sebesar 36% dari total dan mencapai 96 klien.

Berdasarjan laporan Marca, setengah dari ekspor senjata AS pergi ke Timur Tengah, dengan jumlah 25% nya dijual ke Arab Saudi, yang sedang terlibat perang di Yaman. AS juga mencatat peningkatan di pangsa pasar ekspor senjata dan alutsistanya dari beberapa tahun terakhir.

BACA JUGA:Hanya Modal KTP, Pinjaman Online di Aplikasi Ini Bisa Cair Hingah Rp8 Juta, Proses Cepat Privasi Terjaga

2. Rusia

Di belakang AS, Rusia menduduki peringkat kedua sebesar 21% ekspor senjata menjadi turun, yang awalnya dari 27% yang tercatat beberapa tahun sebelumnya. Alasan penurunan ini yaitu karena sedikitnya permintaan di India, tujuan utama ekspor senjata Moskow.

 

3. Prancis

Industri senjata juga menjadi pilar di Eropa, khususnya di Prancis, Jerman, Inggris, Spanyol, dan Italia yang menyumbang sebanyak 23% dari ekspor senjata di tahun 2015 dan 2019, tiga poin persentase lebih banyak dibanding dengan 5 tahun sebelumnya.

Prancis memfokuskan penjualannya ke daerah Timur Tengah dan India, khususnya dalam mengekspor pesawat tempur Rafale. 

BACA JUGA:Cukup Update ke Layanan Premium, Langsung Bisa Pinjam Rp10 Juta di Aplikasi Dana, Cair Tanpa Jaminan

4. Jerman

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: