2024, UPTD Pembibitan Ketahun Tingkatkan Penyediaan Bibit Kelapa Sawit Bersertifikasi hingga 35 Ribu Batang

2024, UPTD Pembibitan Ketahun Tingkatkan Penyediaan Bibit Kelapa Sawit Bersertifikasi hingga 35 Ribu Batang

Ilustrasi Bibit sawit--

KETAHUN, RADARUTARA.ID- Dinilai sukses dalam memfasilitasi kebutuhan petani dalam mendapatkan bibit berkualitas atau bersertifikasi. Maka di tahun 2024, Dinas Perkebunan Bengkulu Utara melalui UPTD Pembibitan KETAHUN berencana akan meningkatkan jumlah penyediaan bibit kelapa sawit bersertifikasi.

Jika di tahun 2023, ini UPTD Pembibitan Ketahun baru mampu menyediakan sekitar 22.400 batang bibit kelapa sawit bersertifikasi. Maka di tahun 2024, target itu akan ditingkatkan menjadi sekitar 35.000 batang bibit kelapa sawit.

"Rencananya dinas terkait akan meningkatkan jumlah pengadaan bibit kelapa sawit bersertifikasi itu di tahun 2024 menjadi 35.000 batang," ungkap Kepala UPTD Pembibitan Ketahun, Giarto, S.Ap.

BACA JUGA:Dampak El Nino Ancam Produksi Beras, Petani Diminta Prioritaskan Stok Pangan dari Pada Penjualan

BACA JUGA:Lebong Tandai, Desa Kecil di Bengkulu Diperebutkan Banyak Negara

Sengaja ditambahkan, karena menurut Giarto, animo masyarakat atau petani khususnya kurang mampu untuk mendapatkan bibit bersertifikasi dengan skema subsidi ini sangat tinggi.

Kondisi tersebut kata Giarto, dapat dilihat dari tingginya permintaan petani pada pengadaan bibit subsidi yang difasilitasi oleh pemerintah daerah di tahun 2023 ini.

"Dengan subsidi masyarakat bisa mendapatkan bibit subsidi itu seharga Rp 15 ribu/batang. Tentu ini sudah sangat membantu para petani kita. Tapi apakah kedepan nanti skema yang kita terapkan masih dalam bentuk subsidi atau gratis, itu yang kita belum tahu dan pastikan hari ini. Yang jelas pengadaan bibit untuk di tahun depan akan tetap kita laksanakan dan jumlahnya akan kita tambah," tandas Giarto.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: