Saat Ajal Menjemput, Kamu Harus Tahu Kemana Perginya Roh Setelah Kematian?

Saat Ajal Menjemput, Kamu Harus Tahu Kemana Perginya Roh Setelah Kematian?

Kemana Perginya Roh Setelah Kematian?--

RADARUTARA.ID - Dalam ajaran Islam terdapat sebuah kehidupan setelah kematian, hal tersebut dibahas dalam sebuah hadist di mana malaikat akan membawa roh orang yang meninggal dunia melewati beberapa lapisan langit.

Hadist ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad dari Al-Barra' bin 'Azib RA yang menceritakannya dari Rasulullah SAW, sebagaimana termuat dalam kitab Al-Maut wa 'Alam Al-Barzakh karya Mahir Ahmad Ash-Shufiy.

Dikisahkan tatkala seorang beriman meninggal dunia maka para malaikat akan turun kepadanya dengan wajah yang bersinar bagaikan sinar matahari sembari membawa kain kafan dari surga. Malaikat tersebut akan duduk dihadapan orang beriman itu hingga malaikat maut duduk di bagian kepala. Setelah itu malaikat maut akan berucap kepada si mayit dengan berkata "Hai jiwa yang baik, keluarlah menuju ampunan dan rahmat Allah."

Kemudian ruh orang yang beriman tersebut akan keluar dengan mudah sembari dipegang oleh malaikat maut. Menurut riwayat Abu Hurairah RA yang menceritakannya dari Rasulullah SAW, saat roh keluar dari raga, dua malaikat akan datang mengawal roh tersebut.

BACA JUGA:Meski Tak Sempurna, Burung Perkutut Ini Memiliki Khodam Rezeki yang Membuat Pemiliknya Tajir Melintir

Yang oleh para malaikat kemudian roh tersebut diletakkan di kain kafan yang telah disediakan tadi, dijelaskan bahwasanya roh orang yang beriman tercium semerbak memenuhi ruangan.

Lalu kemudian para malaikat pun membawa roh tersebut menuju langit dan para penghuni langit pun bertanya roh siapakah yang baunya harum semerbak ini? Lantas Mereka pun menjawab ini roh Fulan bin Fulan sambil menyebutkan nama yang paling indah saat namanya tatkala di dunia.

Kemudian para malaikat membawa orang yang beriman tersebut dari langit dunia menuju langit ke-7 setibanya di sana Allah subhanahu wa ta'ala berfirman, "Tetapkan hamba-Ku itu dalam golongan orang-orang mulia di sisi Allah dan kembalikan ke bumi karena dari tanah Aku ciptakan, ke tanah pula akan dikembalikan, dan dari tanah akan dikeluarkan kembali."

Setelah itu roh tersebut dikembalikan pada jasadnya untuk mendapatkan pertanyaan dari malaikat di alam kubur. Dalam sebuah riwayat malaikat yang bertugas menanyakan hal tersebut adalah malaikat Munkar dan nakir. Pertanyaan yang diajukan oleh malaikat yang bertugas di alam kubur ini adalah, "Siapa Tuhanmu? Apa agamamu? Apa status laki-laki (Nabi Muhammad SAW) ini? dan apa yang diajarkan (Nabi Muhammad SAW) padamu?"

BACA JUGA:Keutamaan Membaca Al-Fatihah 313 Kali, Segala Hajat Dimudahkan

Dijelaskan dalam riwayat bahwasanya orang yang beriman yang mendapatkan pertanyaan tersebut akan sangat mudah menjawabnya. Kemudian datanglah sosok laki-laki yang berpakaian putih dengan wangi semerbak lalu berucap bahwasanya ia adalah amal perbuatan baik selama ia hidup di dunia.

Sementara itu apabila orang kafir akan mendapatkan perlakuan sebaliknya, ia akan didatangi oleh malaikat dari langit dengan wajah yang kusam, yang disusul malaikat maut setelahnya dan mencabut nyawa orang kafir itu dengan wajah murka. Kemudian roh orang kafir tersebut diletakkan di atas kain yang kotor dan mengeluarkan bau yang tidak sedap.

Kemudian malaikat pembawa roh menuju ke langit dunia dan tidak diizinkan untuk masuk. Terkait hal tersebut Rasulullah shallallahu alaihi wasallam membacakan firman Allah yang artinya: "...tidak akan dibukakan pintu-pintu langit bagi mereka, dan mereka tidak akan masuk surga, sebelum unta masuk ke dalam lubang jarum..." (QS Al A'raf: 40)

Dan firman Allah SWT, "...barang siapa mempersekutukan Allah, maka seakan-akan dia jatuh dari langit lalu disambar oleh burung, atau diterbangkan angin ke tempat yang jauh..." (QS Al Hajj: 31).*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: