Umat Muslim Diajurkan Bersyahadat Jelang Ajal Menjemput, Ini Hadits Lengkapnya

Umat Muslim Diajurkan Bersyahadat Jelang Ajal Menjemput, Ini Hadits Lengkapnya

Umat Muslim Diajurkan Bersyahadat Jelang Ajal Menjemput, Ini Hadits Lengkapnya--

RADARUTARA.ID- Dalam sejumlah riwayat dan hadis dijelaskan tentang keutamaan dari membaca syahadat saat ajal menjemput, bahkan Rasulullah SAW mengajarkan kepada kita apabila ada seseorang yang tengah menghadapi sakaratul maut Untuk menggiring orang tersebut membaca syahadat.

Bacaan syahadat yang dimaksud adalah syahadat tauhid Laa illaaha Illallaah. Dari Mu'adz bin Jabal RA yang mengutip sabda Rasulullah SAW dalam hadits yang dishahihkan oleh Abu Muhammad Abdul Haq,

مَنْ كَانَ آخِرُ كَلَامِهِ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ دَخَلَ الجَنَّةَ

Artinya: "Barang siapa yang akhir perkataannya adalah Laa illaaha Illallaah, maka dia akan masuk surga." (HR Abu Dawud)

Apabila dapat membaca kalimat syahadat sebagai kalimat terakhir dalam kehidupannya, disebut menjadi penggugur dosa bagi orang yang mengamalkannya hal tersebut pernah diceritakan oleh abu Hurairah Ra h yang menyebut sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Malaikat itu pun lalu membuka janggut orang itu dan mendapati ujung lidahnya melekat pada langit-langit mulutnya sedang mengucapkan, 'Tidak ada Tuhan selain Allah (syahadat tauhid).' Dosa-dosanya diampuni karena kalimat ikhlas yang diucapkannya itu." (HR Muslim)

BACA JUGA:5 Smartphone Android Terbaru di Indonesia: Performa Mewah Harga Terjangkau, Siap Abadikan Momen Kamu

Majdi Muhammad asy-Syahawi menambahkan dalam buku terjemahan Bekal Menggapai Kematian yang Husnul Khatimah, orang yang mengucapkan syahadat 'La ilaha illallah termasuk dalam ciri orang yang meninggal dunia dalam kondisi baik atau husnul khotimah. Dalam sebuah hadis rasulullah pernah bersabda: 

مَنْ قَالَ أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُولُهُ وَأَنَّ عِيسَى عَبْدُ اللَّهِ وَابْنُ أَمَتِهِ وَكَلِمَتُهُ أَلْقَاهَا إِلَى مَرْيَمَ وَرُوحٌ مِنْهُ وَأَنَّ الْجَنَّةَ حَقٌّ وَأَنَّ النَّارَ حَقٌّ أَدْخَلَهُ اللَّهُ مِنْ أَيِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ الثَّمَانِيَةِ شَاءَ

Artinya: Dari Ubadah bin Shamit, Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang bersaksi bahwasanya tidak ada sesembahan yang haq kecuali Allah dan tidak ada sekutu bagi-Nya, juga bersaksi bahwasanya Muhammad adalah utusan-Nya, dan bahwasanya Isa adalah hamba Allah dan anak dari budak wanita-Nya serta kalimat-Nya yang ia sampaikan kepada Maryam dan ruh dari-Nya. Bersaksi bahwa surga dan neraka benar adanya. Allah akan masukkan ke dalam surga lewat pintu surga yang delapan sekehendaknya." (HR Bukhari)

Bahkan, Rasulullah SAW dalam haditsnya menganjurkan muslim untuk membantu sesamanya yang sakaratul maut untuk mengucapkan kalimat syahadat tersebut. Kesunnahan ini mengacu pada hadits yang termuat dalam Shahih Muslim. Disebutkan, Abu Said al-Khudri RA meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda,

لَقِّنُوا مَوْتَاكُمْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللَّهُ

Artinya: "Tuntunlah orang-orang yang mati di antara kalian untuk mengucapkan kalimat La Illaaha Illallaah (tiada tuhan selain Allah)." (HR Muslim)

BACA JUGA:Bacaan Doa Selamat dari Azab dan Siksa Kubur

Dikutip dari Islah Gusmian dalam buku Doa Menghadapi Kematian, menjelaskan terdapat riwayat lain yang menyebut kalimat syahadat versi yang lebih panjang bisa dibimbing untuk orang yang secara download bila memungkinkan. Adapun keutamaan dari kalimat syahadat tersebut dapat menghapus dosa masa lalu sesuai dengan sabda Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Ajarilah orang-orang yang akan meninggal membaca 'La ilaha illallah al-halim al-karim, subhanallahi rabb al-'arsyi al-azhim, alhamdulillahi rabb al-'alamin. Karena kata-kata itu menghapuskan dosa-dosa yang telah lalu." (HR Ibnu Majah dan Muslim)

Seyogianya, orang yang membimbing untuk membantu talqin tersebut tidak memaksa bahkan memarahi orang sakaratul maut tersebut. Sebaliknya, Islah Gusmian dalam bukunya menyarankan, orang tersebut perlu dituntun dengan lemah lembut dan perlahan tapi penuh dengan kepastian.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: